Kajian Semiotik Pada Iklan Pemutih Pond’s Dalam Majalah Gogirl! Edisi Tahun 2013

Aditya Nirwana, 122701412 (2014) Kajian Semiotik Pada Iklan Pemutih Pond’s Dalam Majalah Gogirl! Edisi Tahun 2013. Skripsi thesis, Desain Komunikasi Visual ISI Yogyakarta.

[img] Text
BAB I Nirwana.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II Nirwana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III Nirwana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV Nirwana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
BAB V Nirwana.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kajian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, dengan pendekatan analisis semiotika komunikasi visual yang terdiri dari tiga tahapan analisis, yakni identifikasi, deskripsi, serta analisis dan interpretasi. Untuk mendukung dan menjawab rumusan masalah penelitian, maka kerangka konseptual atau teori yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes sebagai teori utama, serta ideologi Louis Althusser, teori Desain Komunikasi Visual, serta teori periklanan sebagai teori penunjang. Dari analisis teoretik yang dilakukan terhadap iklan Pond’s White Beauty pada majalah GoGirl! Edisi tahun 2013 didapatkan kesimpulan penelitian bahwa: 1) Iklan Pond’s White Beauty pada majalah GoGirl! Edisi tahun 2013 mengekpresikan makna konotasi tentang kecantikan dan pesona wanita modern, dan tentang kesempurnaan perempuan, atau mitos konsumerisme, dan makna konotasi tentang pesona wanita Timur dan eksotisme negeri Timur, atau sebagai mitos orientalisme, 2) Dalam iklan ini, ideologi kapitalisme global mendistorsi realitas dengan memproduksi mitos tentang pesona perempuan modern, kesempurnaan perempuan, dan pesona dunia Timur. Melaui mitos konsumerisme dan orientalisme tersebut, ideologi kapitalisme global menginterpelasi individu sebagai subyek, dengan pesan ideologis yang menawarkan nilai-nilai kecantikan, modernitas, intelektual, status tinggi, gairah, kejujuran, kesopanan, keluhuran nilai-nilai Timur guna kepentingan akumulasi kapital. Temuan yang didapatkan dari kajian ini, dalam mitos konsumerisme, individu didorong untuk bersikap konsumtif melalui penawaran nilai-nilai kecantikan dan kesempurnaan perempuan, sedangkan pada mitos orientalisme, individu didorong untuk memahami Timur sebagai sesuatu yang eksotis, sesuatu yang agung, dan memiliki daya tarik, sesuai dengan kacamata atau konstruksi bangsa Barat terhadap negeri Timur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Aditya Nirwana, 122701412UNSPECIFIED
Department: Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 03 Nov 2014 06:25
Last Modified: 03 Nov 2014 06:25
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item