Proses Penciptaan Digital Musik Tari Sraddha dalam ujian koreografi anak kelompok di Universitas Negeri Yogyakarta

Adinata Raharja, Dimas (2025) Proses Penciptaan Digital Musik Tari Sraddha dalam ujian koreografi anak kelompok di Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Dimas Adinata Raharja_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Dimas Adinata Raharja_2025_BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dimas Adinata Raharja_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (728kB)
[img] Text
Dimas Adinata Raharja_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji proses penciptaan iringan tari berbasis MIDI dalam karya Sraddha sebagai bagian dari pertunjukan koreografi anak kelompok di Universitas Negeri Yogyakarta. Fokus utama penelitian adalah bagaimana unsur musik tradisional, khususnya gamelan Jawa, dipadukan dengan teknologi digital seperti MIDI, VST, dan DAW untuk menciptakan bentuk musikal baru yang bersifat hibrid. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara mendalam dengan komposer dan koreografer, serta dokumentasi audio-visual. Teori Hibriditas Budaya dari Homi K. Bhabha digunakan untuk menganalisis pertemuan antara unsur-unsur tradisional dan kontemporer, sedangkan Teori Emotivisme dari Susanne Langer dimanfaatkan untuk memahami musik dan gerak sebagai ekspresi emosional yang bersifat simbolik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karya Sraddha tidak hanya menyajikan perpaduan bunyi tradisi dan digital, tetapi juga menciptakan pengalaman emosional yang kuat melalui integrasi musik dan gerak. Komposer Ryza Wibawa menggunakan MIDI bukan sekadar sebagai alat teknis, tetapi sebagai medium kreatif untuk menyusun struktur musikal yang ekspresif dan spiritual. Bersama koreografer Berlin Siharani Puspita, karya ini menampilkan keterpaduan antara musik, gerak, dan visual sebagai bentuk ekspresi budaya hibrid yang relevan dalam konteks akademik dan pertunjukan kontemporer. Kata Kunci : MIDI, iringan tari, hibriditas budaya, Sraddha, emosi musikal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Adinata Raharja, Dimasnim2010761015
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorWarsana, Warsananidn0012027109
ContributorYuaeliah, Elanidn0024026605
Department: KODEPRODI91201#ETNOMUSIKOLOGI
Uncontrolled Keywords: MIDI, iringan tari, hibriditas budaya, Sraddha, emosi musikal
Subjects: Etnomusikologi
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi
Depositing User: Dimas Adinata Raharja
Date Deposited: 19 Jun 2025 08:03
Last Modified: 19 Jun 2025 08:03
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19773

Actions (login required)

View Item View Item