Danuarta Bimantara, Armansyah (2025) Penerapan Konsep Antropomorfisme Hewan Pada Desain Karakter dan Pengaruhnya Terhadap World Building Dalam Film Animasi 2 Dimensi "Rabbit and The Night Market". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Armansyah Danuarta Bimantara_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Armansyah Danuarta Bimantara_2025_BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Armansyah Danuarta Bimantara_2025_BAB PENUTUP.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
Armansyah Danuarta Bimantara_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) | Request a copy |
![]() |
Video (Trailer Karya Tugas Akhir)
Armansyah Danuarta Bimantara_2025_LAMPIRAN.mov Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Video
maxresdefault.jpg?sqp=-oaymwEmCIAKENAF8quKqQMa8AEB-AH-CYAC0AWKAgwIABABGH8gGig3MA8=&rs=AOn4CLBEvCHcOH-as4JSa_0UXB5IOlytSg Download (29kB) |
![]() |
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Film animasi merupakan media ekspresif yang mampu menyampaikan pesan moral dan sosial melalui pendekatan visual yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan konsep antropomorfisme hewan pada desain karakter, serta menganalisis pengaruhnya terhadap world building dalam film animasi 2D “Rabbit and The Night Market”. Metode yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), dengan pendekatan studi literatur, diskusi kelompok terbuka (FGD), dan observasi lapangan.Isu utama yang diangkat adalah mengenai dinamika emosi remaja dalam menghadapi keretakan hubungan keluarga. Dari isu tersebut dikembangkan desain karakter hewan yang merepresentasikan sifat manusiawi, serta dunia fiktif yang logis dan mendukung narasi karakter. Proses validasi dilakukan melalui FGD dengan praktisi dan publik, serta pengamatan langsung ke lingkungan alami untuk memperkuat logika visual dunia hewan antropomorfik.Hasil dari perancangan menunjukkan bahwa konsep antropomorfisme hewan mampu membentuk karakter yang ekspresif sekaligus menyatu dengan lingkungan tempat tinggalnya. Integrasi antara karakter, properti, dan latar visual memberikan pengalaman cerita yang kohesif dan imersif, serta efektif dalam menyampaikan nilai-nilai emosional kepada audiens.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90446#ANIMASI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | animasi 2D, antropomorfisme, desain karakter, world building. | |||||||||
Subjects: | Televisi > Animasi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi D3/D4 Animasi | |||||||||
Depositing User: | Armansyah Danuarta Bimantara | |||||||||
Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:05 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:26 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/19776 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |