Arnold WilliamWowiling, Stefan (2025) “Sadness and Happiness” Karya Komposisi Musik Berdasarkan Implementasi Ritual Rambu Solo’ Ke Dalam Format Combo Mix. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
STEFAN ARNOLD WILLIAM WOWILING_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
STEFAN ARNOLD WILLIAM WOWILING_2025_BAB I.pdf Download (853kB) |
![]() |
Text
STEFAN ARNOLD WILLIAM WOWILING_2025_BAB PENUTUP.pdf Download (588kB) |
![]() |
Text
STEFAN ARNOLD WILLIAM WOWILING_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Download (64kB) |
![]() |
Image
STEFAN ARNOLD WILLIAM WOWILING_2025_LAMPIRAN 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) | Request a copy |
![]() |
Video
STEFAN ARNOLD WILLIAM WOWILING_2025_LAMPIRAN 2.mp4 Download (12MB) |
![]() |
Video
maxresdefault.jpg?sqp=-oaymwEmCIAKENAF8quKqQMa8AEB-AH-CYAC0AWKAgwIABABGH8gNigTMA8=&rs=AOn4CLAEoUdeUqC92CuOgijQVB3WEDkt1A Download (65kB) |
Abstract
Budaya Toraja dikenal dengan kekayaan ritualnya yang sakral akan nilai-nilai spiritual dan simbolik, salah satunya adalah upacara Rambu Solo’. Penelitian ini mengkaji implementasi ritual rambu solo’ yang didalamnya terdapat ritual Ma’lambuk, Ma,marakka, dan Ma’badong. Penulis mengimplementasikan ritual Rambu Solo’ dengan menerapkan unsur intramusikal dan ekstramusikal masing-masing ritual. Setiap ritual dianalisis dari segi karakteristik tangga nada, pola ritmis, dan suasana spiritualnya, kemudian diinterpretasikan ke dalam musik barat dengan menggunakan elemen-elemen genre Rock Progressive. Penelitan ini bertujuan untuk mengimplementasikan ritual pada Rambu Solo’ dan merepresentasikan karakteristik tangga nada dan pola ritmis ritual ma’lambuk, ma’marakka, dan ma’badong ke dalam komposisi musik “Sadness and Happiness”. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretatif, yang mencakup pengumpulan data melalui observasi terhadap dokumentasi video, studi pustaka, analisis karakteristik musikal, serta verifikasi data. Proses penciptaan dimulai dari observasi dan perumusan ide penciptaan, dilanjutkan dengan eksplorasi bentuk dan format musik, penentuan instrumen, penyusunan konsep, perancangan sketsa dasar musik, hingga penggunaan perangkat lunak DAW untuk menyusun draf kompoisisi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga ritual tersebut berhasil diinterpretasikan secara musikal melalui pendekatan karakteristik tangga nada minor, pola ritmis khas, serta suasana emosional yang merepresentasikan kesedihan, penghormatan, dan spiritualitas. Proses implementasi dilakukan melalui teknik komposisi seperti phasing dan tension and release, serta eksplorasi tekstur dan dinamika dalam format combo mix (drum, keyboard, gitar elektrik, bass, flute, dan vokal).
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91222#PENCIPTAANMUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Interpretasi, Rambu Solo’, Tangga Nada, Pola Ritmis, Komposisi Musik | |||||||||
Subjects: | Musik > Komposisi Musik Etnomusikologi |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Stefan Arnold William Wowiling | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 00:38 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 00:38 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20056 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |