Intervensi Musik Berbasis Preferensi Terhadap Pengelolaan Konsentrasi Anak Penyandang Down Syndrome

Puspita Divanovena, Gracia (2025) Intervensi Musik Berbasis Preferensi Terhadap Pengelolaan Konsentrasi Anak Penyandang Down Syndrome. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Gracia Puspita Divanovena_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Gracia Puspita Divanovena_2025_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Gracia Puspita Divanovena_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (734kB)
[img] Text
Gracia Puspita Divanovena_2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Gracia Puspita Divanovena_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Anak dengan Down Syndrome intelektual kerap menghadapi kesulitan dalam mengelola konsentrasi dan emosi, yang berdampak pada efektivitas proses pembelajaran. Penelitian ini mengkaji dampak intervensi musik terhadap peningkatan konsentrasi dan stabilitas emosi pada siswa Down Syndrome di SLB Pembina Yogyakarta dengan tujuan untuk mengetahui seberapa berhasil intervensi musik dalam meningkatkan tingkat konsentrasi anak Down Syndrome, memetakan preferensi musik yang tepat untuk membantu menurunkan frekuensi ledakan emosi dan meningkatkan stabilitas emosi, serta membandingkan kemampuan fokus anak atas dasar preferensi. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang memungkinkan penyesuaian intervensi musik dengan kebutuhan individu dan konteks budaya peserta. Subjek penelitian terdiri dari lima siswa Down Syndrome yang diberikan dua sesi pembelajaran berbeda: kelas dengan intervensi musik (melalui nyanyian di awal, tengah dan akhir pembelajaran) dan kelas tanpa musik. Hasil menunjukkan bahwa nyanyian bertempo sedang yang sudah familier bagi siswa meningkatkan rentang fokus dari rata-rata 3–10 menit menjadi 10–15 menit dan menurunkan perilaku impulsif di kelas. Lagu yang sesuai preferensi pribadi memulihkan perhatian paling cepat, tetapi penggunaannya dibatasi pertimbangan kurikulum; sebaliknya, lagu non-personal yang familier menawarkan solusi praktis bagi guru dengan efek regulatif yang tetap signifikan meski lebih singkat. Intervensi musik juga menurunkan ekspresi emosi negatif, membuat suasana kelas lebih tenang, dan mempermudah transisi tugas. Temuan ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap pengembangan pendekatan pendidikan yang lebih inklusif dan efektif bagi siswa berkebutuhan khusus di Indonesia, terutama Down Syndrome.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Puspita Divanovena, Gracianim21102860131
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorIndrawan, Andrenidn0008127704
ContributorSitinjak, Lindanidn0018067002
Department: KODEPRODI91221#SENIMUSIK
Uncontrolled Keywords: Down Syndrome, Intervensi Musik, Konsentrasi Anak, Preferensi Musik
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Gracia Puspita Divanovena
Date Deposited: 23 Jun 2025 06:37
Last Modified: 23 Jun 2025 06:37
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20062

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item