Samuel Liwardi Simangunsong, Pahala (2025) "Black In Yellow" Pengaplikasian Teknik Permainan Sulim Batak Toba Dalam Karya Komposisi Musik Jazz Fusion. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Pahala Samuel Liwardi Simangunsong_2025_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Pahala Samuel Liwardi Simangunsong_2025_BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Pahala Samuel Liwardi Simangunsong_2025_BAB PENUTUP.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
Pahala Samuel Liwardi Simangunsong_2025_LAMPIRAN 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Pahala Samuel Liwardi Simangunsong_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) | Request a copy |
![]() |
Video
view_usp=drive_link Download (41kB) |
![]() |
Audio
view_usp=drive_link Download (101kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Fenomena penggunaan instrumen tradisional Batak Toba, khususnya sulim, dalam musik modern sering kali hanya dijadikan pemanis tanpa menyentuh aspek teknis yang lebih dalam. sulim memiliki kekayaan idiomatik dan teknik permainan yang potensial untuk berkontribusi secara substansial dalam struktur musikal genre modern seperti jazz fusion. Penulis memiliki tujuan untuk mengetahui teknik permainan sulim Batak Toba yang dapat diadaptasi ke dalam komposisi musik jazz fusion, serta memahami bagaimana teknik tersebut dapat memperkaya aspek musikal dalam genre tersebut. Penelitian dilakukan melalui pendekatan penciptaan karya dengan eksplorasi terhadap sumber pustaka, arsip audio, dan pengalaman auditif. Hasil eksplorasi menemukan enam teknik permainan sulim Batak Toba, yang kemudian dianalisis dari segi kompatibilitasnya dengan idiom jazz fusion. Proses penciptaan karya dilakukan dengan mengadopsi dan memodifikasi teknik permainan sulim ke dalam struktur komposisi, termasuk eksplorasi progresi akor, pola ritmis, dan melodis berdasarkan pendekatan jazz fusion. Pada akhir penelitian, penulis mendapatkan wawasan bahwa hampir semua teknik permainan sulim dapat diadaptasi ke dalam komposisi jazz fusion, kecuali teknik mangandung-andung yang kurang relevan secara ritmis. Pendekatan melodis sulim turut memengaruhi perumusan progresi akor melalui penggunaan parallel harmony, modal harmony, dan chromatic harmony. Pola ritmis dan idiom melodi sulim seperti manggarutu dan skala pentatonik Batak Toba berhasil menciptakan identitas etnik yang kuat sekaligus memperkaya ekspresi musikal dalam genre jazz fusion. Selain itu, sulim sebagai instrumen akustik mampu menghadirkan warna timbre baru dalam kombinasi dengan instrumen elektrik khas jazz fusion.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91222#PENCIPTAAN MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Sulim, jazz fusion, teknik permainan sulim, Batak Toba | |||||||||
Subjects: | Etnomusikologi Penciptaan dan pengkajian seni |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Pahala Samuel Liwardi Simangunsong | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 00:49 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 00:49 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |