Perancangan Playfeel Babysense Sensory Path Brand Fox And Bunny Untuk Mendukung Perkembangan Motorik Dan Sensorik Bayi Usia 0 Sampai 3 Tahun

Faizatunnufus, Syifa (2025) Perancangan Playfeel Babysense Sensory Path Brand Fox And Bunny Untuk Mendukung Perkembangan Motorik Dan Sensorik Bayi Usia 0 Sampai 3 Tahun. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Syifa Faizatunnufus_2025_FULL TEKS .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Syifa Faizatunnufus_2025_BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Syifa Faizatunnufus_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (441kB)
[img] Image
Syifa Faizatunnufus_2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Syifaa Faizatunnufus_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (134kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Perkembangan motorik dan sensorik pada masa awal kehidupan bayi merupakan fondasi penting bagi tumbuh kembang optimal anak, yang membutuhkan stimulasi tepat melalui media yang aman, menyenangkan, dan edukatif. Penelitian ini merancang ulang produk “Babysense Sensory Path” dari brand Fox and Bunny sebagai media stimulasi interaktif untuk bayi usia 0–3 tahun dengan mengintegrasikan elemen-elemen tekstur, warna kontras, bentuk menarik, serta potensi penambahan stimulasi auditori guna merangsang indera penglihatan, peraba, dan pendengaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model ADDIE yang meliputi tahapan analisis kebutuhan pengguna, perancangan konsep dan prototipe, pengembangan melalui uji coba, implementasi pada target pengguna, serta evaluasi efektivitas desain. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan tim R&D dan marketing PT. Kelinci Rubah Indonesia, observasi pengguna bayi di rumah, serta analisis kompetitor. Hasil perancangan menunjukkan bahwa desain baru Baby Sensory Path lebih fleksibel, modular, dan fungsional, serta lebih aman dari risiko tersedak melalui pemilihan material dan desain ergonomis yang ramah bayi. Produk ini juga dilengkapi fitur foldable, washable, dan visual yang disesuaikan dengan IP Fabbuland dari brand Fox and Bunny. Diharapkan, produk hasil perancangan ini dapat meningkatkan kualitas stimulasi sensorik-motorik bayi sekaligus memperkuat nilai komersial dan daya saing brand di pasar edukasi anak. Kata Kunci: Perkembangan bayi, Sensory path, motorik dan sensorik, fox and bunny, Desain produk edukatif, ADDIE, stimulasi dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Faizatunnufus, Syifanim2110233027
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSusanto, Endro Trinidn196409211994031001
ContributorMutmainah, Baridahnidn198710222022032002
Department: KODEPRODI90331#DESAINPRODUK
Uncontrolled Keywords: Perkembangan bayi, Sensory path, motorik dan sensorik, fox and bunny, Desain produk edukatif, ADDIE, stimulasi dini.
Subjects: Desain produk
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Program Studi Desain Produk
Depositing User: Syifa Faizatunnufus
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:57
Last Modified: 25 Jun 2025 06:11
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20423

Actions (login required)

View Item View Item