Tata Kelola Penjualan Karya Digital Kreator Lokal Melalui Jaringan Non-Fungible Token di Lokapasar "Tokomall by Tokocrypto"

Rizki Kurniawan, Aldo (2025) Tata Kelola Penjualan Karya Digital Kreator Lokal Melalui Jaringan Non-Fungible Token di Lokapasar "Tokomall by Tokocrypto". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Aldo Rizki Kurniawan_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
Aldo Rizki Kurniawan_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Aldo Rizki Kurniawan_2025_BAB PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
Aldo Rizki Kurniawan_2025_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tata kelola penjualan karya digital melalui jaringan Non-Fungible Token (NFT) di lokapasar Tokomall by Tokocrypto. Latar belakang penelitian berangkat dari perubahan pola konsumsi seni yang mendorong seniman untuk beralih ke media digital sebagai sarana berkarya dan bertransaksi. NFT hadir sebagai inovasi yang memungkinkan validasi kepemilikan digital melalui sistem blockchain, namun juga membawa tantangan baru seperti fluktuasi pasar, ketidakteraturan regulasi, hingga tantangan keberlanjutan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan studi kasus pada dua kreator lokal yaitu Dhany Pramata dan NFTbyME Art Collection. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata kelola penjualan NFT di Tokomall mencakup perencanaan karya dan strategi pasar, pengorganisasian promosi secara mandiri, pelaksanaan berbasis komunitas, serta evaluasi penjualan yang terus disesuaikan dengan dinamika tren NFT. Kedua kreator menunjukkan kemampuan adaptasi dalam memanfaatkan lokapasar lokal serta membangun relasi dengan komunitas kolektor. Penelitian ini menegaskan pentingnya pemahaman kreator terhadap proses dasar manajemen Planning, Organizing, Actuating, & Controling (POAC) dan bauran pemasaran Product, Price, Promotion, Place (4P) agar karya digital dapat bersaing di pasar NFT yang kompetitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Rizki Kurniawan, Aldonim1810148026
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorKholid Arif Rozaq, Muhammadnidn0021057606
ContributorVegasari Adya Ratna, Raden Raranip199207122019032020
Department: KODEPRODI90302#TATA KELOLA SENI
Uncontrolled Keywords: Tata kelola penjualan karya digital, NFT, Tokomall by Tokocrpyto
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Tata Kelola Seni
Depositing User: Aldo Rizki Kurniawan
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:03
Last Modified: 24 Jun 2025 07:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20436

Actions (login required)

View Item View Item