Siwi, Rahmadhian Prastyaning Wayan (2025) Pawiestri. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Rahmadhian Prastyaning Wayan Siwi_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Rahmadhian Prastyaning Wayan Siwi_2025_BAB I.pdf Download (972kB) |
![]() |
Text
Rahmadhian Prastyaning Wayan Siwi_2025_BAB PENUTUP.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
Rahmadhian Prastyaning Wayan Siwi_2025_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
Rahmadhian Prastyaning Wayan Siwi_2025_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Video
hqdefault.jpg?sqp=-oaymwEmCOADEOgC8quKqQMa8AEB-AHUBoAC4AOKAgwIABABGH8gSigmMA8=&rs=AOn4CLB05_9vQzooAkYx3xSVrmZV2nYppQ Restricted to Repository staff only Download (8kB) | Request a copy |
![]() |
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Karya tari Pawiestri merupakan hasil eksplorasi artistik yang berangkat dari Karya tari Pawiestri merupakan hasil eksplorasi artistik yang berangkat dari pengalaman empiris penata sebagai seorang penari perempuan yang sering membawakan peran laki-laki dalam pertunjukan. Melalui pengalaman tersebut, tercetus gagasan untuk menciptakan sebuah karya dengan pendekatan cross-gender atau silang peran, yang kemudian diwujudkan dalam bentuk koreografi kelompok yang melibatkan tujuh penari perempuan. Proses kreatif dalam proses penciptaan karya tari Pawiestri ini dilakukan secara bertahap, dimulai dari observasi, penggalian konsep, eksplorasi gerak, hingga tahap akhir berupa pementasan yang kemudian dapat dipertanggungjawabkan secara lisan maupun tulisan. Karya tari Pawisetri ini diwujudkan dengan menggunakan metode penciptaan yang dipaparkan oleh Alma M. Hawkins yaitu Eksplorasi, Improvisasi, dan Komposisi. Penata mengambil judul Pawiestri berasal dari kata pawira yang berarti gagah dan estri yang berarti perempuan, kedua kata tersebut digabungkan menajdi Pawiestri. Judul dengan arti perempuan yang gagah penata pilih merujuk pada diri penata pribadi yang ingin menunjukan pengalaman diri dalam membawakan peran laki-laki. Melalui gerak yang menggabungkan unsur maskulin dan feminin, Pawiestri ingin menyampaikan bahwa ekspresi gender dalam tari bersifat cair dan tidak terikat pada jenis kelamin tertentu. Karya ini tidak hanya menitikberatkan pada estetika gerak, tetapi juga menjadi ruang reflektif bagi penata dan penonton dalam memaknai identitas dan peran di dalam tubuh dan seni pertunjukan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91231#TARI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Cross Gender, Feminin, Maskulin | |||||||||
Subjects: | Tari > Penciptaan Tari | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan) | |||||||||
Depositing User: | Rahmadhian Prastyaning Wayan Siwi | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 07:35 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 07:35 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |