Tinjauan Brand Image Pada Interior Restoran Waralaba Amerika: Studi Kasus pada Restoran McDonald di Yogyakarta

Harwibowo Setyo Ari, 9310600023 (1993) Tinjauan Brand Image Pada Interior Restoran Waralaba Amerika: Studi Kasus pada Restoran McDonald di Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
3-W 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3-W-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
3-W-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
3-W-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
3-W-5.pdf

Download (3MB)

Abstract

Gagasan, ide, konsep, atau ideologi yang berkembang pada desain mestinya dipandang sebagai kekayaan dan dianggap menempatkan desain pada posisinya secara benar dalam struktur kehidupan dan sosial yang ada di sekitarya. Berangkat dari anggapan di atas, penelitian ini ingin membebaskan desain dalam berhubungan dengan berbagai gejala dan perubahan yang ada: kebebasan desain dalam berkomunikasi dengan lingkungannya, menyampaikan pesan dan nilai ketimbang terpaku pada kaidah-kaidah praktis yang lebih mementingkan gaya, estetis, dan tampilan luar bukan isi; yang sama pentingnya dengan proses penciptaan desain itu sendiri. Karena itu desain harus dipandang sebagai ‘bahasa’, sebuah ‘teks’ dialogis dengan manusia yang memang sangat berperan dalam tumbuh dan berkembangnya desain itu sendiri. Pengamatan sistem tanda terhadap interior restoran waralaba nantinya juga memakai pendekatan yang sudah saya sebutkan di atas, dengan mengedepankan nilai-nilai yang barkembang, gejala-gejala yang turut mempengaruhi desain; dan tentu saja tanpa meninggalkan aspek penampilan ( baca: estetika ) pada desain. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan antara lain Restoran McDonal menerapkan standar yang sama dalam berbagai hal termasuk desain, Perubahan-pembahan nilai yang kemudian terjadi pada restoran McDonald’s lebih disebabkan oleh interaksi budaya yang berkembang sebagai reaksi terhadap budaya asing yang dibawa oleh McDonald’s, Lesehan pada area makan restoran McDonald’s Yogyakarta, misalnya termasuk dalam ‘tanda-tanda’ baru ini, yang pemunculannya merupakan bagian dari strategi kampanye periklanan yang getol didengung-dengungkan oleh McD0nald’s yaitu kampanye nilai-nilai lokal (local campaign), ‘Tanda-tanda’ bani yang muncul, tidak secasa otomatis mampu menghilangkan nilai-nilai lama yang memang sudah terlebih dahulu eksis dan Perilaku manusia yang berada dalam suatu sistem tanda, juga merupakan kajian yang menarik dari kacamata semioti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Harwibowo Setyo Ari, 9310600023UNSPECIFIED
Department: Jurusan Desain Interior ISI Yogyakarta
Subjects: Disain > Disain Interior
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior
Depositing User: Heri HK Hakim
Date Deposited: 05 Nov 2014 07:10
Last Modified: 05 Nov 2014 07:10
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item