Satraju

Mar'ata Luthfiana, Alfiya (2025) Satraju. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Alfiya Mar’ata Luthfiana_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Alfiya Mar’ata Luthfiana_2025_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Alfiya Mar’ata Luthfiana_2025_BAB IV.pdf

Download (666kB)
[img] Text
Alfiya Mar’ata Luthfiana_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found

Download (0B)
Official URL: https://youtu.be/7FqRNEx564U?si=6XzVeIpA7ivaWTat

Abstract

Karya tari Satraju merupakan karya yang memiliki gagasan dasar tentang fenomena transformasi gender dalam seni pertunjukan Reyog Ponorogo, khususnya peran Jathil. Tradisi yang awalnya diperankan oleh penari laki-laki, kini didominasi oleh penari perempuan. Sebuah fenomena budaya yang kaya dan kompleks, dengan menelusuri peran-peran maskulin dan feminin yang telah mengalami pergeseran. Satraju berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti keseimbangan. Judul ini dapat menginterpretasikan dalam konteks alur karya tari yang dirancang, Satraju tidak hanya menggambarkan transformasi dari maskulin ke feminin, tetapi juga menyoroti bagaimana kedua aspek tersebut dapat berdampingan dan menciptakan sebuah keseimbangan baru dalam Jathil. Penciptaan karya tari Satraju menggunakan beberapa sumber tertulis sebagai pedoman dan penuntun metode penciptaa karya, seperti buku Alma M. Hawkins berjudul Creating Through Dance yang diterjemahkan oleh Y. Sumandiyo Hadi yang berjudul Mencipta Lewat Tari, yang terdiri atas tiga metode utama yaitu eksplorasi, improvisasi, dan komposisi. Penciptaan karya ini diperkuat dengan metode evaluasi seperti yang diuraikan oleh Jacqueline Smith dalam "Dance Composition: A Practical Guide for Teachers", yang diterjemahkan oleh Ben Suharto. Karya tari Satraju disajikan ke dalam bentuk koreografi kelompok dengan menggunakan sepuluh penari, tiga penari laki-laki dan tujuh penari perempuan. Landasan gerak pada karya tari Satraju berupa pengembangan motif gerak dasar dalam tari Jathil Ponorogo yang diolah sedemikian rupa untuk kebutuhan penciptaan karya tari Satraju. Musik yang digunakan dalam penciptaan karya ini menggunakan musik MIDI (Musical Instrument Digital Interface).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Mar'ata Luthfiana, Alfiyanim2111975011
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorPantja Sulistijaningtjas, Erlinanidn0013176606
ContributorSuci Manganti, Galihnidn0011078608
Department: KODEPRODI91231#TARI
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Jathil, Reyog Ponorogo, Satraju
Subjects: Tari > Penciptaan Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan)
Depositing User: Alfiya Mar'ata Luthfiana
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:57
Last Modified: 25 Jun 2025 07:57
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/20997

Actions (login required)

View Item View Item