Perancangan Concept Art Game Bergenre Adventure Mengenai Kemerdekaan Indonesia

Atikah, Khansa (2025) Perancangan Concept Art Game Bergenre Adventure Mengenai Kemerdekaan Indonesia. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
KHANSA ATIKAH_2025_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
KHANSA ATIKAH_2025_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KHANSA ATIKAH_2025_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Khansa Atikah_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB) | Request a copy

Abstract

Masa proklamasi adalah salah satu masa sejarah yang krusial bagi Indonesia. Tertanda, masa itu adalah masa dimana Indonesia berhasil merdeka. Sehingga, sudah sepatutnya sejarah ini terus diingat. Salah satu cara untuk menyampaikan kembali semangat sejarah tersebut adalah melalui narasi visual, seperti dalam bentuk video game bertema sejarah. Dalam konteks ini, genre adventure atau petualangan memungkinkan pemain untuk menjelajahi alur cerita secara interaktif dan mendalam. Genre ini dapat menggabungkan unsur eksplorasi dan teka-teki yang menantang, dengan tetap menyisipkan elemen mengenai sejarah Indonesia, dimana pemain diajak untuk memahami berbagai peristiwa penting secara emosional dan imersif. Dalam proses pembuatan game seperti ini, dibutuhkannya sebuah concept art yang berfungsi sebagai acuan visual untuk keseluruhan elemen dalam game. Oleh karenanya dibuatnya concept art game bergenre adventure ini. Tahap perancangan concept art diawali dengan penyusunan konsep naskah game, setelah melakukan riset mengenai sejarah terkait. Setelah itu, dilakukan brainstorming visual atau sketsa guna menggali ide-ide kreatif yang untuk elemen game nanti. Dimana proses ini berlanjut hingga ke finalisasi terhadap pembuatan konsep karakter, desain lingkungan, objek-objek, dan GUI game. Semua hasil pemikiran dan perancangan ini kemudian dirangkum dan disatukan dalam sebuah concept artbook, yang menjadi pedoman visual utama dalam pengembangan game secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Atikah, Khansanim1912617024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorAgung Suwasono, Arifnidn0016116701
ContributorFaizal Rochman, Mochamadnidn0021027802
Department: KODEPRODI90241#DESAINKOMUNIKASIVISUAL
Uncontrolled Keywords: Concept art, game, adventure, sejarah , proklamasi Indonesia
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Khansa Atikah
Date Deposited: 26 Jun 2025 01:21
Last Modified: 26 Jun 2025 01:21
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21081

Actions (login required)

View Item View Item