Analisis Gameplay dan Desain Visual Dalam Menciptakan Imersi Pada Gim Project Zomboid

Nur Fadhillah, M. Fajar (2025) Analisis Gameplay dan Desain Visual Dalam Menciptakan Imersi Pada Gim Project Zomboid. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
M Fajar Nur Fadhillah_2025_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
M Fajar Nur Fadhillah_2025_ BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
M Fajar Nur Fadhillah_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
M Fajar Nur Fadhillah_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (171kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Di saat kebanyakan gim dengan genre horror menggunakan grafik realis dan narasi yang mendalam pada alur ceritanya untuk menciptakan imersi, Project Zomboid justru menggunakan grafis Pixel Retro dan gameplay sandbox tanpa narasi untuk menciptakan imersinya, hal menarik tersebut yang menjadi latar belakang dari penelitian ini. Rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana Project Zomboid menciptakan imersi melalui gameplay dan desain visualnya? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Project Zomboid menciptakan imersi melalui gameplay dan desain visualnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode analisis tematik Braun & Clarke. Penelitian ini dilandasi oleh teori Immersion and Distance yang dikembangkan oleh Werner Wolf dan Walner Bernhart untuk menganalisa gameplay serta teori Simplicity oleh John Maeda untuk menganalisis desain visualnya. Hasil penelitian menunjukkan meskipun Project Zomboid menggunakan gameplay tanpa narasi dan desain visual bergaya Pixel Retro, kedua hal itu justru dapat menciptakan imersi dengan menekankan logical dan emotional immersion pada pemainnya. Novelties pada penelitian ini terletak pada analisis bagaimana gim dengan genre horror seperti Project Zomboid dapat menciptakan imersi meskipun desain visualnya menggunakan gaya Pixel Retro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Nur Fadhillah, M. Fajarnim2012729024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorMaharsi, Indirianidn0009097204
ContributorRochman, M. Faizalnidn0021027802
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Imersi, Pixel Retro, Sandbox, Project Zomboid
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Muhammad Fajar Nur Fadhillah
Date Deposited: 26 Jun 2025 08:54
Last Modified: 26 Jun 2025 08:54
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21169

Actions (login required)

View Item View Item