Perancangan Ilustrasi Esai Pendidikan Pemerdekaan Pemikiran Y.B. Mangunwijaya

Ferryan Nugroho Purnomo, 1112093024 (2017) Perancangan Ilustrasi Esai Pendidikan Pemerdekaan Pemikiran Y.B. Mangunwijaya. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V pen.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jurnal ta ferryan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Other (lampiran)
Karya.rar
Restricted to Repository staff only

Download (196MB) | Request a copy
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pendidikan Pemerdekaan merupakan wujud dari bentuk kritik Romo Mangunwijaya terhadap kurikulum khususnya Indonesia. Ketidakjelasan sistem pendidikan yang terlalu mengambang dari masa ke masa, dari pemerintahan satu ke pemerintahan selanjutnya, semakin membuat bingung sistem pendidikan di Indonesia. Problematika nasional yang paling menonjol, salah satunya adalah pemangkasan atas kreatifitas siswa. Karena selama ini cara penyampaian yang digunakaan adalah lebih menekankan pada proses pengajaran daripada proses belajar. Maka yang terjadi ialah bukan mencerdaskan anak didik, melainkan sebaliknya. Buku ilustrasi ini bertujuan untuk membantu khususnya pengajar muda di Indonesia memahami metode pembelajaran baru yaitu pendidikan yang eksplorator, integral, serta kreatif. Pembuatan buku ini menggunakan sketsa gambar manual dengan finishing digital painting. Target audience pada buku ini adalah guru, khususnya guru pengajar muda di Indonesia. Melalui karya desain ini diungkapkan tentang pendidikan memerdekakan secara detail. Dengan adanya buku ilustrasi ini diharapkan khususnya guru muda di Indonesia ini mampu untuk lebih memahami proses belajar pada anak. Dimana guru diharapkan mampu menjadi fasilitator bagi anak didiknya, bukan hanya sebagai pengajar namun juga bisa memfasilitasi anak sesuai dengan dunia dan tumbuh kembangnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Ferryan Nugroho Purnomo, 1112093024UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : 1. Indiria Maharsi 2. Kadek Primayudi
Uncontrolled Keywords: Romo Mangunwijaya, Pendidikan, Proses belajar anak
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 22 Aug 2017 03:32
Last Modified: 22 Aug 2017 03:32
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2126

Actions (login required)

View Item View Item