Utari, Fani (2025) Program Pelatihan Membatik Sebagai Sarana Pemasaran di Canting Buana Kreatif. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
FANI UTARI_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
FANI UTARI_2025_BAB I.pdf Download (869kB) |
![]() |
Text
FANI UTARI_2025_BAB PENUTUP.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
FANI UTARI_2025_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
FANI UTARI_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Download (170kB) |
Abstract
Riset ini dilatarbelakangi oleh adanya sebuah fenomena kegiatan pelatihan membatik yang dilakukan oleh Canting Buana Kreatif dalam memasarkan produk dan jasa yang ditawarkan, mengingat batik di Sumatera Barat khususnya Padang Panjang belum berkembang seperti yang ada di Pulau Jawa. Kebanyakan orang belum dapat membedakan antara batik dan bukan batik, sehingga persepsi tentang semua kain yang bermotif disebut batik semakin memperburuk keberadaan batik di Indonesia. Kegiatan pelatihan membatik Canting Buana Kreatif memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat tentang batik yang sesungguhnya serta memanfaatkan situasi tersebut sebagai sarana dalam memasarkan produk batik yang diproduksinya dengan mengangkat motif-motif khas Minangkabau, Sumatera Barat. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui pelatihan membatik dapat dijadikan sebagai sarana pemasaran dengan mengangkat teori pelatihan dan pemasaran menggunakan metode pendekatan secara langsung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi terhadap peristiwa pelatihan membatik yang ada di Canting Buana Kreatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pelatihan membatik tidak hanya dapat dijadikan sebagai sarana dalam melakukan pemasaran namun juga dapat melahirkan kreativitas baru dalam mendukung perkembangan batik di Padang Panjang, Sumatera Barat. Dengan menerapkan beberapa strategi dalam proses pelatihan dan pemasarannya, Canting Buana Kreatif mampu memberikan dampak terhadap perkembangan ekonomi dan budaya daerah.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91102#TATA KELOLA SENI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan, Batik, Pemasaran, UMKM | ||||||
Subjects: | Tata kelola seni | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni | ||||||
Depositing User: | Fani Utari | ||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2025 01:43 | ||||||
Last Modified: | 10 Jul 2025 04:11 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21395 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |