Krida Mustika, Candra (2025) Perancangan Motion Comic Tentang Etika Penggunaan Artificial Intellegence Di Perguruan Tinggi. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Candra Krida Mustika_2025_Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Candra Krida Mustika_2025_BAB I.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text
Candra Krida Mustika_2025_BAB V.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
Candra Krida Mustika_2025_PeRNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Download (269kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi Artificial Intelligence atau AI, menjadi suatu wacana sosial yang berkembang saat ini. Pro dan kontra terhadap kemajuan teknologi ini seringkali terletak pada etika penggunaannya yang menyalahi aturan sosial masyarakat. Dalam dunia pendidikan kecerdasan buatan menjadi tantangan baru dalam implementasinya. Maraknya mahasiswa yang mengakses teknologi tersebut untuk sekedar copy-paste tugas tanpa dipahami secara mendalam juga menjadi sebuah problem yang muncul. Perancangan motion comic disini hadir sebagai ruang komunikasi visual untuk membangun kesadaran beretika dalam penggunaan teknologi tersebut. Komik disini dirancang dengan eksperimentatif dengan menggabungkan media komik konvensional dengan animasi. Teori yang digunakan dalam pembuatan motion comic ini yakni teori etika teknologi oleh Hans Jonas yang mempertimbangkan etika dalam teknologi baru. Perancangan ini menggunakan metode design thinking sebagai proses perancangannya. Perancangan motion comic ini menggunakan gaya visual komik retro-futurisme, yang mengambarkan era kemajuan teknologi, namun disisi lain kemajuan itu juga membawa sebuah ironi tentang kerusakan lingkungan dan menipisnya sumber daya alam. Dengan gaya visual ini berusaha menyampaikan pesan ironi kemajuan AI bagi manusia. Sementara dalam gaya penceritaan komik menggunakan komedi untuk dapat menghibur sekaligus memberikan pesan kesadaran kepada audiens. Hasil dari perancangan menunjukkan bahwa motion comic memiliki daya tarik visual yang unik dan dinamis, mampu menghidupkan cerita, serta memperkuat penyampaian pesan melalui karakter yang digerakkan. Dengan demikian, motion comic ini menjadi media kreatif yang efektif dalam menyampaikan pesan etika penggunaan AI dan diharapkan dapat menjadi alternatif edukasi yang relevan di era digital
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | KODEPRODI91001#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI | ||||
Uncontrolled Keywords: | Perancangan, Artificial Intellegence, Motion Comic, gaya retro-futurisme, etika | ||||
Subjects: | Penciptaan dan pengkajian seni | ||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||
Depositing User: | Candra Krida Mustika | ||||
Date Deposited: | 10 Jul 2025 03:50 | ||||
Last Modified: | 11 Jul 2025 02:27 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21405 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |