Rancangan Model Pembelajaran Dan Pengukuran Kreativitas Untuk Seni Tari Sekolah Menengah Atas Di Kota Yogyakarta

Palupi, Dyah Tri (2025) Rancangan Model Pembelajaran Dan Pengukuran Kreativitas Untuk Seni Tari Sekolah Menengah Atas Di Kota Yogyakarta. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Dyah Tri Palupi_2025_ FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Dyah Tri Palupi_2025_ BAB 1.pdf

Download (502kB)
[img] Text
Dyah Tri Palupi_2025_ BAB PENUTUP.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Dyah Tri Palupi_2025_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
Dyah Tri Palupi_2025_ PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (164kB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Tesis ini mengembangkan model pembelajaran berbasis pengalaman diperkaya dengan penguatan elemen-elemen pembentuk kreativitas. Model ini dirancang untuk pelajaran seni tari yang saat ini tidak menarik perhatian siswa. Penyertaan elemen- elemen kreativitas akan dapat meningkatkan kreativitas siswa. Pemanfaatan model pembelajaran ini untuk seni tari dimotivasi oleh model-model pembelajaran yang sebelumnya tidak menjelaskan cara membuat pelajaran seni tari menjadi menyenangkan (joyful), bermakna (meaningful), dan berkesan (mindful.) Demikian juga, penelitian tentang kreativitas adalah tentang apa itu kreativitas, bukan bagaimana membuat siswa menjadi lebih kreatif. Model pembelajaran yang diusulkan mengacu pada teori pembelajaran berbasis pengalaman gagasan Kolb (1984, 2011). Teori ini memuat siklus pembelajaran menggali pengalaman siswa sebelum memulai pembelajaran, melakukan pengamatan refelektif secara konkret, memikirkan konsep abstrak yang mendasari hasil pengamatan, aktif mencobakan konsep tersebut pada permasalahan nyata, dan merumuskan pengalaman konkret pembelajaran dan mengomunikasikannya. Teori ini digabung dengan hasil penelitian Dyers dkk (2011) bahwa kreativitas adalah keterampilan yang dibentuk dari keterampilan-keterampilan dasar: mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan, yang sejalan dengan gagasan Kolb. Ketidakhadiran model serupa adalah pemicu tesis ini mengusulkan model pembelajaran kreativitas, khususnya untuk seni tari. Model ini menggabungkan gagasan Kolb dengan elemen-lemen kreativitas penelitian Dyers, dkk. Model ini diimplementasikan di empat sekolah menengah atas di Kota Yogyakarta. Tesis ini juga merancang instrumen untuk menilai kesesuaian proses pembelajaran saat ini dengan yang diusulkan dan untuk menilai peningkatan kreativitas siswa sebelum dan sesudah implementasi model yang diusulkan. Tesis ini juga merancang instrumen penilaian kemampuan teknis, ekspresi, dan kecerdasan siswa dalam menari. Hasil pengumpulan data dianalisis dengan metode statistik untuk menentukan nilai rata-rata tiap sekolah dan tiap kriteria. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebelum implementasi model, pembelajaran seni tari di empat SMA menunjukkan tingkat kesesuaian terhadap model ideal sebesar 63,25%. Kelemahan ditemukan pada penggalian pengalaman awal siswa, eksplorasi ruang dan waktu, serta pemahaman nilai estetika. Kemampuan teknis siswa tergolong cukup (73,5%), tetapi masih lemah dalam akurasi dan stabilitas gerak. Kreativitas siswa dinilai tinggi oleh guru (81,5%), namun tidak sepenuhnya sejalan dengan penilaian diri siswa (77,25%) yang mengungkapkan kesulitan dalam menciptakan gerak yang kompleks dan ekspresi yang tepat. Penilaian akhir guru terhadap kemampuan siswa berada pada angka 75,75%, sedangkan penilaian peneliti lebih rendah, yaitu 60,75%. Setelah implementasi model pembelajaran, terjadi peningkatan signifikan dalam berbagai aspek, antara lain penggalian pengalaman awal, pengamatan kritis, keterkaitan lintas pelajaran, keberanian dalam eksplorasi gerak, dan pemanfaatan pola iringan. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dirancang efektif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran seni tari, sekaligus menumbuhkan kreativitas siswa secara lebih menyeluruh. Kata kunci: model pembelajaran, kreativitas, seni tari, sekolah menengah atas, penilaian pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Palupi, Dyah Trinim2321539412
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDana, I. Wayannidn0008035603
Department: KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, kreativitas, seni tari, sekolah menengah atas, penilaian pembelajaran
Subjects: Tari > Pengkajian Tari
Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: Dyah Tri Palupi
Date Deposited: 10 Jul 2025 08:56
Last Modified: 11 Jul 2025 03:51
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21425

Actions (login required)

View Item View Item