Jastisia, Irenia (2025) Visual Merchandising Berbasis Semiotika Marketing Untuk Memperkuat Identitas Pasar Wiguna. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
IRENIA JASTISIA_2025_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
IRENIA JASTISIA_2025_BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
IRENIA JASTISIA_2025_BAB V.pdf Download (544kB) |
![]() |
Text
IRENIA JASTISIA_2025_PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) | Request a copy |
Abstract
Pasar artisan kini semakin berkembang menjadi destinasi belanja yang menawarkan produk dan pengalaman unik dan berkesan. Namun, persaingan yang ketat antar pasar artisan menuntut pengelola pasar untuk terus berinovasi untuk menarik perhatian pengunjung. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah melalui visual merchandising yang selaras dengan identitas brand untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis elemen visual merchandising booth Pasar Wiguna sebagai pasar artisan terbesar di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan grand theory yaitu brand identity yang digunakan untuk membingkai arah penelitian bahwa elemen visual merchandising booth harus selaras dengan identitas Pasar Wiguna. Teori visual merchandising menjadi middle-range theory yang digunakan untuk melihat fenomena yang terjadi dan bagaimana inkonsistensi antara visual merchandising dan identitas brand terlihat. Teori semiotika marketing digunakan sebagai applied theory untuk membaca simbol, tanda dan makna dibalik elemen visual merchandising booth di Pasar Wiguna. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi dan dokumentasi terhadap tujuh sampel booth dengan bentuk layout yang menyerupai karakter atau huruf “U”, “L”, “O” dan “-“. Ketujuh booth ini dipilih sebagai sampel penelitian karena mencakup beragam jenis produk seperti kuliner, fashion, dan edukasi anak sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat inkonsistensi antara elemen visual merchandising booth dengan identitas brand Pasar Wiguna, yaitu local, less waste, dan wellness. Inkonsistensi tersebut berpotensi menurunkan citra Pasar Wiguna sebagai pasar artisan ekslusif dan prestisius sehingga diperlukan perbaikan strategi visual merchandising agar lebih konsisten dengan identitas Pasar Wiguna untuk meningkatkan daya tarik dan minat pengunjung.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Visual Merchandising, Semiotika Marketing, Pasar Artisan, Inkonsistensi Visual Merchandising, Brand Identity | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | |||||||||
Depositing User: | Irenia Jastisia | |||||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2025 09:03 | |||||||||
Last Modified: | 11 Jul 2025 09:03 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21448 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |