Manipulasi Timbre Jegog Melalui Persepsi Kebisingan Dalam Karya "Jx-Tbr [Np]/01

Sukawiadnyana, I Gede Yogi (2025) Manipulasi Timbre Jegog Melalui Persepsi Kebisingan Dalam Karya "Jx-Tbr [Np]/01. Doctoral thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
I Gede Yogi Sukawiadnyana_2025_BAB PENUTUP.pdf

Download (3MB)
[img] Audio
I Gede Yogi Sukawiadnyana_2025_LAMPIRAN.mp3
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
I Gede Yogi Sukawiadnyana_2025_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text
I Gede Yogi Sukawiadnyana_2025_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
I Gede Yogi Sukawiadnyana_2025_BAB I Pendahuluan.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana ambiguitas persepsi terhadap kebisingan dalam timbre Jegog dapat dimanfaatkan sebagai dasar estetika dalam penciptaan musik. Permasalahan utama yang diangkat adalah bagaimana manipulasi timbre Jegog memengaruhi persepsi pendengar terhadap gangguan, afeksi emosional, dan keunikan bunyi, serta bagaimana hasil persepsi tersebut dapat diterjemahkan ke dalam bentuk komposisi. Melalui pandangan teori persepsi timbre multidimensi (McAdams & Winsberg, 1995), spectromorphology (Smalley, 1997), dan estetika ambiguitas timbral (Abram, 2021), penelitian ini memosisikan timbre sebagai pusat struktur musikal yang lentur, dinamis, dan terbuka terhadap interpretasi. Metode yang digunakan adalah practice-led research dengan pendekatan eksperimen persepsi auditori terhadap 16 sampel bunyi hasil manipulasi timbre Jegog (berbasis struktur spektral, envelope, dan pitch) serta wawancara dengan dua narasumber ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pendengar membentuk tiga zona utama: zona netral, zona ambigu, dan zona ekstrem. Zona-zona ini digunakan sebagai dasar penyusunan karya musik berjudul JX-Tbr[Np]/01, yang dibangun secara non-linier dan dramaturgis berdasarkan peta persepsi afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manipulasi terhadap aspek timbre Jegog pada struktur harmonik, envelope dan pitch dapat menghasilkan ambiguitas persepsi kebisingan yang dimanfaatkan sebagai dasar estetis dalam penciptaan musik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sukawiadnyana, I Gede Yoginim2221430411
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSalim, Djohannidn0017126101
Department: KODEPRODI 91101#PENGKAJIAN DAN PENCIPTAAN SENI
Uncontrolled Keywords: timbre, persepsi bunyi, jegog, ambiguitas, komposisi musik
Subjects: Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: I Gede Yogi Sukawiadnyana
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:44
Last Modified: 07 Aug 2025 06:35
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21637

Actions (login required)

View Item View Item