Kismiaji, Kismiaji (2007) Studi Poster Religius Dompet Dhuafa Republika Tabun 2004-2007: Sebuah Kajian Semiotik. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (21MB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (162MB) | Request a copy |
Abstract
Media periklanan berupa poster-poster relegius pada hakkikatnya adalah salah satu media komunikasi masa. Media komunikasi periklanan memiliki fungsi utama menyampaikan informasi ten tang sebuah produk atau jasa kepada masa (non personal). lsi (content) dari media periklanan sebagai penyampai pesan terdiri dari elemen-elemen verbal dan non verbal. Sebuah poster sosial yang mengandung nilai religi Islam, me~a1ankan fungsi komunikasinya memiliki gaya tersendiri. Gaya dan isi tersebut memiliki keterikatan pada tata aturan religius dan konvensi-konvensi keyakinan (ideologi) Islam sebagai konsepsi dasar ajaran agama. Hal ini terpancar dalam hukum-hukum Islanl yang mengatur wilayah ibadah mahdhah (hubungan manusia dengan Pencipta) ataupun ibadah muamalah (hubungan manusia dengan manusia lainnya). Gaya dan isi poster sosial Dompet Dhuafa Republika dalam memberikan informasi kepada audience memiliki karakter yang disesuaikan dengan konteks masyarakat Islam saat ini. Pada saat yang sama tata nilai keagamaan megalami pergeseran makna di tengah�tengah kehidupan masyarakat modem yang didominasi oleh ideologi kapitalisme sekuler. Karakter ideologi ini selalu mengedepankan azas manfaat dan menghalalkan segala cara tanpa standarisasi nilai-nilai spiritual dalam melakukan amaliyah (aktifitas kehidupan), sekaligus menisbikan aturan Tuhan sebagai pembuat hnkum dalam wilayah publik dan interaksi antar manusia. Dalam ajaran Islam karya seni adalah bagian dari hasil karya amal perbuatan manusia yang memiliki hukum asal terikat dengan hukum (syari'ah) Islam. Penggalian metode penyampaian yang unik dalam menjalankan fungsi sebagai media komunikasi religius, poster-poster Dompet Dhuafa Republika memiliki karakter yang khas senantiasa memperhatikan etika dan norma Islam dalam menyampaikan informasi produk-produk yang bersifat transenden karen a membawa sesuatu produk yang abstrak dan tidak dapat didefinisikan secara materi yang berhubungannya dengan pahala sebagai balasan (reward) amal yang diperoleh kelak di akhirat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna-makna tanda dalam Poster Dompet Dhuafa Republika ditinjau dari konteks estetik Desain Komunikasi Visual, nilai-nilai religius Islam, serta bagaimana kode-kode dan sistem pertandaan bekerja membentuk sebuah makna yang terkait dengan realitas dan kondisi sosial di Indonesia. Karena poster-poster yang ada merupakan media informatif yang memiliki target audience yang khusus (segmented) untuk kalangan umat Islam Indonesia. Dengan adanya aspek-aspek yang mempengaruhi penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, dengan metode analisis semiotik menurut pandangan Peirce dan Roland Barthes mengenai dunia tanda. Poster- Poster sosial religius Dompet Dhuafa Republika dalam menyampaikan infomlasi kepada khalayak dengan menggunakan elemen-elemen verbal dan non verbal sebagai satu kesatuan dari tanda yang memiliki makna di dalamnya antara lain: I. Elernen verbal terdiri dari headline, Sub headline, Body Copy, dan tageline. 2. Elernen Non verballVisual Terdiri dari Ilustrasi, tipografi, layout, kornposisi, dan pewarnaan. Dari elernen-elernen tersebut pencitraan nilai-nilai Religius digambarkan rnelalui pernilihan ikon, indeks dan simbol dalam struktur tanda yang tersusun dalam poster yang diteliti. Pesan poster dapat diketahui antara lain dari unsur seni, religiositas, sosial, politik, hukum, dan budaya yang terkandung di dalamnya. Sehingga penyampaian rnakna pesan dan pendekatan kornunikasi apakah rnengandung representasi nilai nilai Islam atau tidak, sesuai realitas sosial atau tidak, dan apakah ada keterikatan terhadap hukurn Islam atau tidak dalam rnenyarnpaikan pesan kepada urnat Islam di Indonesia. Dan sernua itu dapat diketahui dari sis tern tanda dan kode yang ada dalam Poster. Kata kunci: Poster sebagai Karya Desain Kornunikasi Visual, Dornpet Dhuafa Republika, nilai-nilai estetika dalarn pandangan Islam, serniotika, Peirce, Roland Barthes, dan signifikasi .
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Studi poster religius, Dompet Dhuafa Republika, Kajian semiotik | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | susilo SW wati | |||||||||
Date Deposited: | 27 Aug 2025 07:48 | |||||||||
Last Modified: | 27 Aug 2025 07:48 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |