Asal, Sugiarto (2005) Gending Jula-Juli Dalam Pergelaran Ludruk Satu Kajian Etnomusikologis. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
![]() |
Text
Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (69MB) |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengkaji dua masa lah penting, yaitu (I) Memahami penerapan ge ndi ng Jula-juli yang digunakan pada pertunjukan Ludruk yang Illeliputi tar I Ngrellla, bedhayan, dagelan , adegan antar babak, dan lakon Ludruk . (2)Memaham i po la garap i nstrum en dan makna teks kidungan dal am ge ndi ng J ul ajuli, sebuah gending ya ng sa ngat popul er bagi masyarakat Jawa Tilll ur. Datadipero leh dengan cara penelitian lapangan di daerah Surabaya dan Mojokerto.Untuk Ill enj aring data ini ditempuh dengan cara pengamatan terli bat pada empa tgro up Ludruk , yaitu Karya Budaya Mojokerto, Ba ru Budi Mojokerto, Ge loraBudaya Mojokerto, dan RRI Surabaya. Berdasarkan hasil pene li tian dapatdi simpulkan bahwa gending Jula-juli sangat mendominasi dalam pementasan Ludruk . Gending ini di gunakan dalam hampir seluruh bagian dalam pergelaran Ludruk yaitu tari Ngrema, bedhayan, dagelan, adegan antar babak, dan lakon . Hal yang sangat penting dalam gending Jula-juli adalah kidungan (vo kal ).Teks dalam kidungan ini berfungs i sebagai media pendidikan, kritik sosial, perju ngan, pembangunan, dan agama .
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91001#PENCIPTAANDANPENGKAJIANSENI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | ludruk,etnomusikologis, gending jula-juli | ||||||
Subjects: | Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Depositing User: | FL Agung Hartono | ||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2025 02:15 | ||||||
Last Modified: | 11 Sep 2025 02:15 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/21985 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |