Perancangan Interior TK Sanggar Anak Alam Yogyakarta

Noor Fatih Ario Wicaksono, 1310059123 (2017) Perancangan Interior TK Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V pen.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Other (karya)
karya.rar
Restricted to Repository staff only

Download (331MB) | Request a copy
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Sanggar Anak Alam Yogyakarta (SALAM) merupakan sekolah alternatif/sekolah nonformal penyelenggara pendidikan untuk anak usia dini yang memiliki pola parenting/pola pembelajaran yang memerdekakan siswanya dalam berfikir dan berekspresi. Dengan pola parenting tersebut, SALAM dirasa kurang mampu menghadirkan ruang belajar yang ramah anak dan kurang mampu menghadirkan ruang belajar yang dapat merangsang kebebasan berfikir siswa. Tujuan perancangan ini adalah menjadikan SALAM menjadi lebih ramah anak dan lebih mampu merangsang kebebasan berfikir siswa dengan mempertahankan kesan ekologis dari bangunan sekolah. Oleh karena itu, perancang mengangkat konsep “built your own learning place”. Konsep ini bertujuan untuk merangsang kebebasan berfikir dan imajinasi siswa dimana siswa dapat membangun ruang belajarnya sendiri di dalam kelas. Perancang juga menghadirkan ruang tematik dengan tema rumah pohon agar suasana ruang lebih menyenangkan. Dalam penerapan konsep tersebut, perancang menghadirkan moveable design atau desain yang dinamis dan mobile, dengan mendesain furniture yang mudah dipindah-pindahkan oleh siswa sesuai metode belajar yang sedang berjalan di kelas. Selain mobile, furnitur tersebut didesain dengan bentuk yang modular sehingga dapat digabung maupun dipisah satu sama lain. Perancang juga mendesain ruang seintetaktif mungkin dengan menghadirkan permainan interaktif dan dinding interaktif untuk menyalurkan imajinasi anak dalam bentuk coretan atau gambar. Warna dominan yang perancang pilih adalah orange, hijau, putih, dan hitam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Noor Fatih Ario Wicaksono, 1310059123UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Setya Budi Astanto ; Yayu Rubiyanti
Uncontrolled Keywords: Sekolah Non Formal, Ramah Anak, Moveable Design
Subjects: Disain > Disain Interior
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 31 Aug 2017 04:00
Last Modified: 31 Aug 2017 04:00
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2201

Actions (login required)

View Item View Item