Judi Dadu Sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya Kriya Logam

Arya Laksana Bima, Ign (2007) Judi Dadu Sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya Kriya Logam. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Seni rupa khususnya karya seni telah mengalami perkembangan tanpa batas, pengunaan media barn, kesadaran dan pemikiran baru untuk mewujudkan karya kriya yang mempunyai karakteristik pribadi sesuai dengan jamannya, berkembang seiring dengan keberadaan karya kriya tradisonal dengan pemikiran lama (pakem). Berawal dari pengaruh lingkungan penulis berada, dan sebagai makluk sosial yang bersentuhan dengan masyarakat disekitarya melalui proses melihat, mengamati, merasakan, merenungkan dan memahami tentang permainan judi dadu, akhirnya menumbuhkan inspirasi untuk membuat karya seni Tugas Akhir dengan judul: "Judi Dadu" Sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya Kriya Logam. Bentuk dari alat judi dadu menjadi ketertarikan penulis, dan akibat yang ditimbulkan menjadi keprihatinan penulis sehingga sangat menarik untuk diangkat dan diwujudkan kedalam karya seni kriya logam dalam bentuk dua dimensional dan tiga dimensioanal. Tema judi telah banyak diungkap dan diwujudkan oleh seniman pendahulu, penulis menyadari bahwa bahasa ungkap setiap individu seniman satu dengan yang lainnya, baik secara visual maupun secara konsep akan tampak karakteristik seniman dengan karya seni yang dihasilkan. Dari segi bahan penulis menggunakan plat kuningan dan plat alumunium, karena plat kuningan selain mudah untuk dipatri dengan patri lunak juga lebih ekonomis, sedangkan plat alumunium harganya lebih ekonomis. Penggunaan kayu sebagai aplikasi yang digunakan untuk membuat pustek karya. Penulis juga menggunakan bahasa simbol agar tujuan dan maksud yang ingin disampaikan kepada masyarakat dapat tercapai, sesuai dengan tema maupun konsep yang diangkat. Karya Tugas Akhir ini penulis wujudkan dalam 8 karya dan pada prinsipnya tujuan utama dalam pembuatan Tugas Akhir ini sebagai media pengekspresian diri penulis terhadap permasalahan perjudian melalui ide yang digarap, dan untuk mengajak kepada masyarakat supaya sadar akan pengaruh buruk dari bermainjudi secara umum. Harapan penulis kepada masyarakat dengan menikmati dan melihat karya-karya Tugas Akhir ini masyarakat semakin sadar dan tabu akan akibat dari judi sehingga tidak akan pernah berpikir atau mencoba bermain judi bila tidak ingin merasakan akibat-akibat yang akan dialami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Arya Laksana Bima, Ignnim9910966022
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSukarman, SukarmanUNSPECIFIED
ContributorRispul, Rispulnidn0004116307
Department: KODEPRODI90211#KRIYA
Subjects: Kriya > Kriya Logam
Depositing User: Alfira Wahyu
Date Deposited: 12 Sep 2025 01:26
Last Modified: 12 Sep 2025 08:15
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/22014

Actions (login required)

View Item View Item