Tingkat Kemampuan Siswa Kelas III pada Program Keahlian Seni Karawitan Smk Negeri 8 Surakarta; Kajian tentang Penguasaan Materi Diklat Memainkan Karawitan Surakarta (MKS)

Slamet, Subroto (2006) Tingkat Kemampuan Siswa Kelas III pada Program Keahlian Seni Karawitan Smk Negeri 8 Surakarta; Kajian tentang Penguasaan Materi Diklat Memainkan Karawitan Surakarta (MKS). Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (3MB)
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengkaji kemampuan penguasaan mata diklatMemainkan Karawitan Surakarta (MKS) oleh siswa kelas III Pro[,'Tam KeahliallSeni Karawitan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 8 Surakarta.Pennasalahan yang diajukan adalah (1) Bagaimana pelaksanaan Diklat MKS padaProgram Keahlian Seni Karawitan SMK Negeri 8 Surakarta dan (2) Bagaimana tingkat kemampuan penguasaan Materi Diklat MKS pad a siswa Kelas III ProgramKeahlian Seni Karawitan SMK Negeri 8 Surakarta.Tujuan penelitian antara lain: (I) Mengetahui pelaksanaan Diklat MKSProb'Tam Keahlian Seni Karawitan SMK Negeri 8 Surakarta, (2) Menelaah realita dilapangan mengenai tillgkat kemampuan penguasaan Materi Diklat MKS pada siswa Kelas III Pro[,'Tam Keahlian Seni Karawitan SMK Negeri 8 Surakarta, (3)Menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan penguasaan MateriDiklat MKS pad a siswa Kelas III Program Keahlian Seni Karawitan SMK Negeri 8Surakarta. Manfaat penelitian ini secara teoritis sebagai sumbangan pemikiranterhadap pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kesenian mengenai kajianten tang proses belajar seni karawilan Jawa dan secara praktis dapat dijadikansebagai acuan bab>i para praktisi, siswa dan lembaga pendidikan kesenian dalam upaya pembelajaran kesenian, khusllsnya di bidang seni karawilan Jawa gayaSlIrakarta agar mencapai tingkat keberhasilan optimal sebagaimana yangdiharapkan. Teori yang digllnakan adalah hasil pemikiran Benjamin Brinner tentang compelence (kompetensi). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara,observasi dan studi dokl Unenter.Hasil penelitian menunjukkan proses belajar mengajar di SMK Negeri 8Sllrakarta dilaksanakan berdasarkan Kllrikulum 2004. Hasil yang dicapai lebihcenderung mengarah pada mencetak tenaga kerja siap pakai di dunia usahalduniaindustri yang mengakibatkan terciptanya tukanglpekerja. Kemampuan pengllasaanmateri diklat lebih pada ketrampilan teknis memainkan karawitan. Semlla itudipengaruhi faktor internal yang datang dari dalam diri siswa dan faktor eksternalmencakup kebijakan bidang pendidikan, Iingkungan keluarga, lingkllngan sekolahdan lingkllngan sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Slamet, Subrotonim203K/MS-mn/04
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorSumaryono, Sumaryononip19480616198003 1 001 (
Department: KODEPRODI91001#PENCIPTAANDANPENGKAJIANSENI
Uncontrolled Keywords: siswa, mata diklat MKS,kemampuan
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 12 Sep 2025 10:33
Last Modified: 12 Sep 2025 10:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/22045

Actions (login required)

View Item View Item