Samuel Gandang Gunanto, - (2017) Animasi Ekspresi Wajah Karakter Virtual 3D : Tinjauan Riset Dan Metode Teknologi Mocap. BP ISI Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-602-6509-10-9
|
Text
upload.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
00 Halaman_Depan.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) | Request a copy |
||
Text
01 Bab 1_1-16.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
||
Text
02 Bab 2_17-60.pdf Restricted to Repository staff only Download (906kB) | Request a copy |
||
Text
03 Bab 3_61-70.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
||
Text
04 Bab 4_71-78.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) | Request a copy |
||
Text
05 Bab 5_79-90.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
||
Text
06 Bab 6_91-112.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
07 Bab 7_113-136.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) | Request a copy |
||
Text
08 Daftar Pustaka_137-152.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
||
|
Text
09 Indeks_153-158.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Cover Animasi Ekspresi Wajah ~ Samuel Gandang G.pdf Download (847kB) | Preview |
Abstract
Tingginya permintaan produktivitas industri animasi di Indonesia menuntut adanya perubahan di sektor produksi. Teknologi motion capture merupakan penerapan prinsip visi komputer yang mengadaptasi indera mata manusia untuk mengenali fenomena gerakan yang tertangkap kamera dan memetakannya dalam pola gerak virtual. Buku ini akan membahas ragam riset dan metode teknologi motion capture atau lebih dikenal dengan MOCAP berbasis penanda di wajah manusia untuk mendapatkan informasi mengenai ekspresi wajah dan memetakannya di wajah karakter virtual 3D. Teknik penjejakan penanda menggunakan penerapan prinsip koherensi temporal di citra sekuensial yang mampu menyederhanakan perhitungan komputasi di setiap frame-nya. Kumpulan hasil penjejakan parameter fitur penanda secara sekuensial akan membentuk sebuah basis data ekspresi visual dari wajah manusia yang mampu membangkitkan animasi ekspresi wajah karakter virtual 3D secara otomatis dan natural. Pada Bab 1, pembaca akan dihantarkan pada perkembangan teknologi animasi berbasiskan komputer yang berusaha mengadopsi fenomena perkembangan teknologi, riset dan permasalahan yang dihadapi oleh sektor industri. Pada Bab 2, perkembangan riset dan metode yang berkembang dijelaskan secara historis dan detail yang akan menggiring kemanfaatan teknologi animasi yang berkembang, termasuk kebutuhan akan teknologi MOCAP. Bab 3 menjelaskan tentang teknologi MOCAP beserta komponen yang berguna bagi perekaman data ekspresi pada wajah yang dilanjutkan pada pembahasan teknik penjejakan fitur penanda dengan metode koherensi temporal pada Bab 4. Bab 5 secara khusus membahas pembentukan area gerak pada wajah dengan otomatisasi segmentasi berdasarkan lokasi penanda. Bab 6 merupakan pemetaan gerak yang dihitung dengan transformasi radial 2D ke 3D guna menghasilkan pembangkitan perubahan acuan gerak per-frame yang hasilnya akan dipergunakan dalam pembangkitan perubahan bentuk wajah secara linier dan dibahas pada Bab 7. Penulis secara pribadi mohon maaf jika masih ada kekurangan yang dijumpai, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan mampu menjadi acuan bagi pembaca dalam mengembangkan riset di bidang animasi.
Item Type: | Book | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Uncontrolled Keywords: | Animasi, Ekspresi Wajah, Virtual 3D, Teknologi MOCAP | ||||
Subjects: | Karya Dosen Televisi > Animasi |
||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi D3 Animasi | ||||
Depositing User: | agus tiawan AT | ||||
Date Deposited: | 02 Oct 2017 04:47 | ||||
Last Modified: | 02 Oct 2017 04:47 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2376 |
Actions (login required)
View Item |