Giyono, 1311747022 (2017) Deformasi Bentuk Hanoman dalam Karya Keramik. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
Text
JURNAL.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Other (KARYA)
KARYA.rar Restricted to Repository staff only Download (24MB) | Request a copy |
Abstract
Berawal dari pengalaman pada masa kecil yang sering mendengarkan cerita pewayangan Jawa terutama pewayangan Ramayana dan Mahabarata, penulis tertarik untuk menjadikan tokoh Hanoman sebagai sumber ide dalam penciptaan karya keramik. Hal tersebut dikarenakan Hanoman memiliki bentuk yang cukup unik. Selain itu, penulis ingin mengingatkan kembali kepada masyarakat terutama kalangan muda untuk terus melestarikan kebudayaan Jawa seperti halnya seni pewayangan. Selain beberapa alasan di atas penulis juga mempunyai keinginan untuk menciptakan kembali tokoh Hanoman ke dalam media keramik sesuai dengan versi penulis. Proses penciptaan karya-karya ini dilakukan dengan hati-hati dan berurutan. Dari pencarian sumber ide, sketsa, pemilihan bahan, sampai pada tahap pengerjaan karya mentah yang menggunakan beberapa macam teknik yaitu: teknik pijit, teknik pilin, teknik gores, dan teknik slab, pengeringan, pembakaran, pengglasiran, hingga yang terakhir pemajangan karya. Pemilihan materi yang dijadikan sumber ide pada penciptaan karya ini menggunakan beberapa teori pendukung, seperti: teori estetika, semiotika, teori “metode penciptaan 3 Tahap 6 langkah”, teori keramik, dan teori deformasi. Setelah melalui proses penciptaan yang panjang, terlahirlah sembilan karya seni dengan tema Hanoman. Secara keseluruhan terlihat bahwa pada karya-karya ini terdapat perubahan bentuk(deformasi) pada bentuk tubuh Hanoman yang menjadikannya terlihat imut dan lucu, berbeda dari Hanoman pada umumnya. Selain itu terdapat juga menambahkan sayap pada bagian punggungnya. Sayap ini diberikan sebagai simbol kebebasan yang dimiliki sang Hanoman. Terciptanya karya-karya ini diharapkan dapat melestarikan budaya Jawa sekaligus juga diharapkan dapat dijadikan referensi dalam dunia keramik, khususnya kepada seniman keramik. Kata Kunci: Deformasi, Hanoman, Keramik
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Dwita Anja Asmara; Retno Purwandari | ||||
Uncontrolled Keywords: | Deformasi, Hanoman, Keramik | ||||
Subjects: | Kriya > Kriya Keramik | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > Kriya Keramik | ||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | ||||
Date Deposited: | 11 Oct 2017 04:23 | ||||
Last Modified: | 11 Oct 2017 04:23 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2460 |
Actions (login required)
View Item |