Jessica Christiani, 1211883013 (2017) Fungsi Ansambel Perkusi Ritmis Dalam Interaksi Sosial Pada Anak Tuna Netra Studi Kasus: Slb N 1 Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (864kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (820kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
JURNAL.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Anak tuna netra cenderung memiliki masalah yang menghambat perkembangannya, salah satunya pada kemampuan berinteraksi sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui fungsi dari kegiatan ansambel perkusi ritmis yang diasumsikan memiliki peran dalam interaksi sosial anak tuna netra, kendala yang dihadapi, serta alasan mengapa ansambel perkusi ritmis baik digunakan sebagai media menciptakan interaksi sosial pada anak tuna netra. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu musik sebagai alat yang baik untuk sarana pengembangan diri dalam aspek kognitif, intelegensi, penalaran, kreatifitas, membaca, dan interaksi sosial. Kegiatan ansambel perkusi ritmis dinilai memiliki fungsi ekstra musikal yaitu sebagai media menciptakan interaksi sosial karena berhubungan dengan aktivitas berkelompok, sehingga baik jika diterapkan pada anak tuna netra yang memiliki masalah dengan interaksi sosial sebagai akibat dari ketunanetraannya. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah kualitatif, dengan subjek 9 anak tuna netra yang duduk di bangku SD SLB N 1 Bantul dan penulis berperan sebagai observasi partisipan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan interaksi sosial pada subjek mulai dari perlakuan pertama hingga perlakuan terakhir, walaupun tidaak stabil. Jadi, kegiatan ansambel perkusi ritmis adalah media yang baik untuk anak tuna netra mengembangkan kemampuan interaksi sosialnya, hanya saja kegiatan ini lebih tepat jika diterapkan pada anak tuna netra murni. Kata kunci: ansambel perkusi ritmis, tuna netra, interaksi sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Djohan Salim | ||||
Uncontrolled Keywords: | ansambel perkusi ritmis, tuna netra, interaksi sosial | ||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | ||||
Date Deposited: | 07 Dec 2017 02:57 | ||||
Last Modified: | 07 Dec 2017 02:57 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2726 |
Actions (login required)
View Item |