Longginus Emmanuel Ademerode Alyandu, 1311969013 (2017) Analisis Perbandingan Penjarian Antara Grutzmacher Dan Emanuel Feuermann Pada Bagian Pertama “Cello Concerto In A Minor Op.129” Karya Robert Schumann. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
bab i.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
bab ii.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
bab iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
Text
bab iv pen.pdf Download (648kB) | Preview |
|
|
Text
JURNAL TUGAS AKHIR LONGGINUS EMMANUEL ADEMERODE ALYANDU 1311969013.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pada pembelajaran musik klasik terutama untuk instrumen gesek, teknik permainan sangat mendukung untuk menghasilkan hasil sajian musik yang baik.Sebelum menyajikan sajian musik klasik yang baik, tentunya seorang pemainmusik klasik harus mengerti dan dapat memainkan teknik-teknik pada karya yangakan dimainkan. Oleh karena itu penulis ingin mendalami serta menganalisis salahsatu teknik pemainan pada instrumen gesek yaitu teknik penjarian pada instrumencello. Pada permainan musik yang memakai instrumen gesek seperti violin, viola,cello dan double bass, posisi penjarian menjadi sangat penting dalam menentukanhasil suara dan pengolahan interpretasi musik dalam suatu karya yang dimainkan.Untuk instrumen gesek cello, para pemain cello banyak menemukan persoalandalam teknik penjarian pada instrumen pada saat memainkan atau dalam proseslatihan mandiri mereka. Pada era sekarang ini sudah banyak ditemukan metodemetodedalam bentuk partitur maupun tulisan yang dibuat oleh para editor musikyang berprofesi sebagai instrumentalis maupun komposer yang menanganimasalah dalam proses latihan untuk posisi penjarian pada instrumen gesek.Penulis ingin mempelajari dan mengetahui teknik penjarian dalam memainkaninstrumen cello. Karya yang akan dijadikan bahan analisis penulis adalah CelloConcerto In A Minor Op. 129 bagian pertama karya Robert Schumann. Hal inidilakukan agar karya ini dapat dimainkan lebih baik. Penulis juga akanmembandingkan antara dua penggunan posisi penjarian yang telah dibuat oleh duaorang editor musik yang juga sebagai pemain cello yaitu Emanuel Feuermann danFriedrich Grutzmacher.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | I.G.N Wiryawan Budhiana , Y. Edhi Susilo | ||||
Uncontrolled Keywords: | analisis penjarian, cello concerto, Robert Schumann | ||||
Subjects: | Musik > Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz) | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||
Depositing User: | jody JS Santoso | ||||
Date Deposited: | 05 Mar 2018 07:13 | ||||
Last Modified: | 05 Mar 2018 07:31 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2993 |
Actions (login required)
View Item |