Rohmat Rodiyat, NIM. 1210647032 (2018) Membangun dramatisasi adegan dengan menggunakan komposisi keseimbangan informal pada sinematografi film televisi raw. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (888kB) | Request a copy |
||
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
bab 6.pdf Download (853kB) | Preview |
|
Text
lampiran 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
||
|
Text
JURNAL TUGAS AKHIR.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Other (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.rar Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Objek penciptaan pada karya seni ini adalah naskah film RAW yang menceritakan perjuangan seorang anak yang ingin mencari kebenaran bahwa ayahnya bukanlah seorang teroris. Dalam pengembangan ceritanya, tokoh utama akan mengalami konflik batin yang disebabkan oleh sikap temannya yang memperoloknya dengan sebutan anak teroris. Penataan komposisi gambar untuk menggambarkan konflik batin tersebut akan divisualkan ke dalam bentuk komposisi gambar dengan menggunakan teori keseimbangan. Komposisi keseimbangan informal digunakan lebih dominan dalam membangun dramatisasi adegan pada sinematografi film televisi RAW. Komposisi keseimbangan informal merupakan keseimbangan yang asimetris sehingga menyajikan penataan yang kuat untuk menggambarkan kondisi pemain seperti terpojok, putus asa, lemah, kecewa, dan terintimidasi. Konsep karya dalam membentuk komposisi keseimbangan informal dalam membangun dramatisasi adegan yaitu dengan memusatkan perhatian penonton pada pemain atau objek yang lebih penting, dalam hal ini pemain atau tokoh utama yang mengalami kondisi tidak stabil pada dirinya, sehingga penonton dapat ikut merasakan apa yang dialami oleh tokoh utama. Penataan blocking pemain dan elemen-elemen garis dan bentuk baik secara nyata maupun imajiner dapat dimanfaatkan dalam menarik gerakan mata dan perhatian penonton. Meskipun komposisi keseimbangan informal lebih dominan digunakan dalam membangun dramatisasi adegan untuk menggambarkan kondisi konflik batin pada tokoh utama, komposisi keseimbangan formal juga digunakan untuk menggambarkan kondisi tenang dan damai pada diri tokoh utama. Komposisi keseimbangan formal juga digunakan sebagai pembanding agar komposisi keseimbangan informal dapat diperhatikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Deddy Setyawan; Latief Rakhman Hakim | ||||
Uncontrolled Keywords: | dramatisasi, keseimbangan informal, dan sinematografi. | ||||
Subjects: | Televisi > Televisi | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi | ||||
Depositing User: | agus tiawan AT | ||||
Date Deposited: | 06 Jun 2018 05:03 | ||||
Last Modified: | 06 Jun 2018 05:03 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3158 |
Actions (login required)
View Item |