Ign. Sumiyoto, - (1989) Menelusuri Garap Karawitan Gaya Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.
|
Text
BAB 1.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 6.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) | Request a copy |
Abstract
Seperti telah dise butkan di muka bahwa penelitian ten tang "Menelusuri garap karawitan Gaya Yogyakarta pada Ricikan Peking" ini menggunakan berbagai sumber yakni sumber pus taka , sumber lapangan , wawancara studi dis - kotik dan pengamatan langsung . Dari berbagai macam sum oer terse but•satu samalain saling berhubungan dan mem - bantu untuk melengkapi data yang dapat terjaring, se- pert i halnya telah dikemukakan pada Bab I,II,III dan IV maka dari uraian tersebut peneliti dapat menyimpulkan - nya. Garap karawitan gaya Yogyakarta adalah ada , kebe radaannya ini terbukti telah diadakannya lomba-lomba ka- rawitan seperti pene liti ketahui se jak tahun 1970 an hingga sekarang. Hanya saja dari sumber -sumber pustaka lah yang masih langka sulit untuk memperoleh.nya, teruta- ma yang berhubunga n baik dengan pengetahuan karawitan maupun secara teknis yang berupa garap karawitan gaya Yogyakaraa itu sendiri . Mene lusuri garap karawitan gaya Yogyal<arta pada ricikan peking , hal ini mengandung arti atas keberadaan- nya teknik tabuhan saron peking . saron peking adalah sa lah satu ricikan gamelan yang cara mema ikkannya (menabuh)dipukul dengan alat pemukul. Ricikan ini termasuk ricikan balungan dan juga termasuk ricikan pener us, yang nada-nadanya paling tinggi diantara ricikan balungan yang lain. Nada-nada yang din:iliki pada saron peking ada lah berjarak satu gembyanga •csatu oktaf) di atas saron oarung dan berjarak dua gembyan an (dua oktaf) di atas saron demung. Teknik tabuhan saron peking secara mendasar menurut hasil pengamatan peneliti di Yogyakarta ada dua jenis yaitu: 1. Teknik tabuhan saron peking dengan cara 0calung nikeli dan mendahului dari ricikan balungan yang lain . 2 . Teknik tabuhan saron peking dengan cara ribalung nikeli dengan cara berdasarkan irama dan mendahului dari ricikan talungan yang lain.
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta | ||||
Uncontrolled Keywords: | Garap Karawitan, Gaya Yogyakarta | ||||
Subjects: | Tari > Pengkajian Tari Karawitan |
||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan | ||||
Depositing User: | agus tiawan AT | ||||
Date Deposited: | 06 Jul 2018 04:16 | ||||
Last Modified: | 06 Jul 2018 04:16 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3416 |
Actions (login required)
View Item |