Budi Raharja, -
(2004)
Gamelan Anak-Anak: Latar Belakang Penciptaan, Hasil, dan Tanggapan Anak.
Project Report.
Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dirjendikti, Jakarta.
Abstract
Gamelan anak-anak sangat efektif dalam membantu pengenalan angka, huruf,
dan etika Jawa. Efektivitas itu ditunjukkan dengan bermacam-macam bentuk, antara
lain melatih anak berbicara, bermain peran, mengemukakan pendapat, memberikan
pemahaman irama – tempo – tangga nada, mendorong anak belajar membaca dan
menulis, mempercepat penguasaan bahasa, menambah keterampilannya,
mempercepat pemahaman konsep bilangan, dan dapat merasakan irama dan tempo
serta mengenal tangga nada gamelan Jawa.
Model ini dapat digunakan sebagai strategi pengenalan musik tradisi melalui
pendidikan formal maupun nonformal. Strategi ini berhasil, karena anak kecil sangat
peka terhadap hal-hal yang baru, termasuk di dalamnya mengenal tangga nada
gamelan Jawa.
Actions (login required)
|
View Item |