Akulturasi Budaya Cina-Jawa Dalam Iklan Sariayu Versi Trend Warna 2013 Dengan Tema "Pesisir Sentrajaya" (Kajian Semiotika Roland Barthes)

Vinny Alpiani, 1310655032 (2017) Akulturasi Budaya Cina-Jawa Dalam Iklan Sariayu Versi Trend Warna 2013 Dengan Tema "Pesisir Sentrajaya" (Kajian Semiotika Roland Barthes). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL TUGAS AKHIR VINNY ALPIANI-1310655032.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Televisi sebagai salah satu medium, banyak digunakan perusahaan iklan untuk menayangkan iklan agar mudah ditonton oleh konsumen. Iklan televisi merupakan karya auditif visual dengan banyak pesan. Iklan tidak hanya sebagai promosi dari produk, juga memiliki latar belakang cerita dengan kandungan makna di dalamnya. Sariayu merupakan perusahaan kosmetik dengan slogan “Cantik Alami Seutuhnya”. Setiap tahun Sariayu membuat iklan dengan tema berbeda-beda, dengan produk unggulan Trend Warna. Tema berasal dari keragaman budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Pada tahun 2013, Sariayu mengusung tema Pesisir Sentrajava sebagai inspirasi Trend Warna. Hal menarik dari salah satu budaya pesisir utara pantai Jawa, yaitu kuatnya akulturasi budaya yang tercipta. Banyak makna terkandung dalam iklan ini untuk ditelisik lebih dalam dari sisi semiotika. Penelitian dengan judul “Akulturasi Budaya Cina-Jawa dalam Iklan Sariayu Versi Trend Warna 2013 dengan Tema “Pesisir Sentrajava” (Kajian Semiotika Roland Barthes) merumuskan masalah mengenai makna denotasi, konotasi, mitos, dan wujud akulturasi budaya pada iklan Sariayu Trend Warna 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis semiotik Roland Barthes. Objek penelitian ini adalah Iklan Sariayu Trend Warna 2013 dengan tema “Pesisir Sentrajava”. Penelitian ini membahas mengenai simbol dari setiap adegan yang mendukung terbentuknya makna iklan, sehingga akan diperoleh makna konotasi, denotasi dan mitos serta wujud akulturasi pada iklan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Vinny Alpiani, 1310655032UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : Maemunah , Lilik Kustanto
Uncontrolled Keywords: Akulturasi Budaya, Iklan, Semiotika
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 17 Sep 2018 04:07
Last Modified: 17 Sep 2018 04:22
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/3701

Actions (login required)

View Item View Item