Televisi Dan Persoalan Bangsa

Arif Eko Suprihono, NIP 131661167 (2009) Televisi Dan Persoalan Bangsa. Gong: Majalah Seni budaya, 114 (X). pp. 36-37. ISSN 1411-57SX

[img] Text
gabung 300.pdf

Download (5MB)

Abstract

Television is public shaper opinion. Pemahaman terhadap kalimat ini sering diputarbalikkan, meski oleh para pengelola televisi. Pada kenyataannya, masalah ataupun subjek berita ditayangkan di televisi selanjutnya menjadi rujukan bagi sedemikian banyak pemirsa dalam berkomentar. Bukan saja penonton televisi menjadi ‘sangat tahu’ persoalan bangsa, tetapi bahkan semakin menjadi ahli dalam mengusulkan solusi persoalan masyarakat. Bad news is a good news for television, juga merupakan kalimat sakti dibalik industry televisi. Dalam waktu yang sangat cepat, televisi dapat mengaduk aduk emosi masyarakat untuk menghakimi setiap persoalan dalam tayangan televisi. Benarkah televisi hanya mampu memaparkan masalah tanpa harus dituntut kemampuannya untuk mengekspose solusi? Benarkah bahwa komersialisasi industry media ini menjadi lebih penting dari sekedar menawarkan cara berfikir positif bagi penontonnya?

Item Type: Article
Creators:
CreatorsNIM
Arif Eko Suprihono, NIP 131661167UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: tv, televisi
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 16 May 2019 04:37
Last Modified: 16 May 2019 04:37
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4367

Actions (login required)

View Item View Item