Linda Ristanti, 1410074132 (2019) Membangun Efek Curiosity Dengan Menggunakan Teori Inner Conflict Dalam Skenario Film Televisi Tradisi Upacara Adat Seblang "Titisane". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (961kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (995kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
FILMTV_JURNAL_2019_1410074132_LINDA RISTANTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
SKENARIO_TITISANE_LINDA RISTANTI_2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Setiap daerah pasti memiliki tradisi yang diturunkan dari nenek moyang dan harus dilestarikan oleh penerusnya. Indonesia memiliki bermacam-macam tradisi, salah satunya tradisi Upacara Adat Seblang yang berasal dari Banyuwangi tepatnya di desa Olehsari. Sampai sekarang tradisi ini masih dilestarikan dengan maksud dan tujuan tertentu yaitu sebagai tolak bala atau selamatan desa agar terhindar dari bencana. Melalui hal tersebut tercipta sebuah Karya Seni “Membangun Efek Curiosity Dengan Menggunakan Teori Inner Conflict Dalam Skenario Film Televisi Tradisi Upacara Adat Seblang “Titisane” yang menggunakan persyaratan upacara adat seblang olehsari sebagai objek penciptaan Karya Seni ini. Persyaratan utama dalam melakukan upacara ialah pelaku seni atau penari seblang harus dilakukan oleh gadis yang masih perawan dan memiliki keturunan darah penari seblang. Karya seni berbentuk skenario film televisi. Skenario adalah karya dalam bentuk tertulis, dan menjadi bahan acuan dalam pembuatan film. Konsep estetik penciptaan karya seni ini menggunakan tipe konflik Inner Conflict untuk membangun efek curiosity penonton. Selain itu dengan adanya Inner Conflict akan mengajak penonton merasakan tekanan yang dialami oleh tokoh utama. Inner Conflict akan ditempatkan pada Sub plot yang mengiringi jalannya plot utama. Penggunaan Sub plot bertujuan untuk memberikan informasi dan memperkuat karakter tokoh dalam cerita. Kata
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | Dyah Arum Retnowati, RR. Ari Prasetyowati | ||||
Uncontrolled Keywords: | Skenario, Upacara Adat Seblang Olehsari, Inner Conflict, Curiosity | ||||
Subjects: | Televisi > Televisi | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi | ||||
Depositing User: | sugeng SW wahyuntini | ||||
Date Deposited: | 17 May 2019 03:52 | ||||
Last Modified: | 17 May 2019 03:52 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4377 |
Actions (login required)
View Item |