Nur Septa Priambodo, 091 1914 024 (2015) Perancangan Komunikasi Visual Media Promosi Minuman Jamu Dalam Kemasan Mustika Ratu (re design kemasan dan media promosi pada produk gula asam, kunir asam dan beras kencur Mustika Ratu dengan pensekatan komunikasi pemasaran terpadu). Skripsi thesis, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
BAB I.pdf Download (998kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (655kB) | Preview |
Abstract
Jamu merupakan minumah tradisional turun temurun dari jaman dahulu, bahan alaminya membuat jamu menjadi minuman kesehatan yang sangat berkhasiat dan bermanfaat bagi tubuh manusia mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Akan tetapi serbuan minuman kemasan modern membuat jamu lambat laun dikesampingkan bahkan diabaikan. Semua itu terjadi karena faktor promosi dan pemasaran, pada era modern sekarang ini sebuah desain kemasan dan promosi menjadi sangat penting, promosi langsung atau promosi secara tidak langsung. Kemasan merupakan sebuah identitas suatu produk, bagaimana ingin kenal jika tidak mempunyai identitas, itulah fungsi dari kemasan yaitu sebagai pembeda antara produk satu dengan lainya. Suatu produk setelah mempunyai identitas kemudian dipasarkan dan dipromosikan. Dari dasar tersebut maka dilakukanlah perancangan desain kemasan dan media promosi dari produk minuman jamu dalam kemasan Kunir Asam, Gula Asam dan Beras Kencur Mustika Ratu. Khasiat dan manfaat dari minuman jamu menjadi salah satu kekuatan yang dimiliki oleh produk ini, karena produk minuman ini tidak hanya mengandalkan rasa akan tetapi mengutamakan kesehatan dan khasiat dari bahan rempahnya. Target konsumen adalah anak muda, dari penelitian dan analisis menggunakan concumer journey, consumer insight dan kuiseoner didapatkan bahwa anak muda menyukai desain yang sederhana, praktis dan interaksi secara langsung. Dari analisis tersebut kemudian dirancang sebuah iklan yaitu menggunakan pendekatan Intergrated Marketing Comunication dengan strategi iklan Through The Line. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa dalam perancangan promosi produk Kunir Asam, Gula Asam dan Beras Kencur ini menggunakan media-media iklan yang komunikatif. Pendekatan Intergrated Marketing Comunicationmenggunakan metode AISAS yaitu attention, interest, search, action, dan share. Sedangkan dengan strategi Through The Lineyaitu strategi dimana pesan iklan yang mendekati target audience dengan cara masuk kedalam berbagai media yang sering bersinggungan langsung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta | ||||
Uncontrolled Keywords: | Jamu, Mustika Ratu, Intergrated Marketing Comunication, Through The Line, iklan, visual, minuman,Kunir Asam, Gula Asam, Beras Kencur, advertising Khasiat | ||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Depositing User: | agus tiawan AT | ||||
Date Deposited: | 05 Jun 2015 03:20 | ||||
Last Modified: | 05 Jun 2015 03:20 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/440 |
Actions (login required)
View Item |