Irwandi, Irwandi and Rozaq, M. Kholid Arif (2012) Perumusan Model Pengembangan Produk Fotografi Selancar Guna Perluasan Varian Produk Fotografer Freelance. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
Bab 3.pdf Download (606kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Belum banyak fotografer di Indonesia yang menyadari besamya potensi ekonomi fotografi selancar untuk meningkatkan peluang ekonomi mereka. Padahal Indonesia merupakan negara yang mcmiliki garis pantai terpanjang kc empai di dunia. Setidaknya tcrdapat 330 titik pantai di Indonesia yang menjadi daemh tujuan wisata sclancar yang diminati oleh peselacar domesti dan mancanegara Penelitian ini merupakan suatu upaya untuk merumuskao sebuah model produk si fotografi sehmcar di Indonesia. l)saha ini akan diwujudkan dalam dua tahun penelitian. Penelitian tahun pertama akan berfokus pada penghimpunan informasi tentang wacana fotografi selancar yang telah terbentuk di Bali. Data yang tcrhimpun selanjutnya dianalisis dari sisi teknis fotografi dan aspck manajerialnya sehingga dapat digunakan sebagai landasan untuk merumuskan model produksi yang dapat diterapkan kepada para fotografer freelance eli Indonesia. Pada penelitian tahun kedua, model produks i yang telah didapatkan akan diujicobakan dan disempurnakan. Khalayak sasaran potensial yang dipilih dalarn ujicoba model produksi ialah para f'otografcr freelance yang beropcrasi di sekitar pantai tujuan wisata selancar Indonesia. Penjaringan data akan dilakukan melalui proses observasi dilapangan, wawacara, dan pendokumentasian audiovisual. Hasil pcnclitian menunjukkan bahwa terdapat empat model bisnis bisnis atau layaoan jasa fotografi surfing yang berkembang di Bali yaitu I) Shooting by order/ Memotret sesuai pesanan konsumcn; 2) Shooting not by order; 3) Afiliasi dan 4) scbagai fotografer pribadi untuk surfer professional dan menjadi kontributor foto pada majalah surfing. Sedangkan dari sisi manejerialnya , bisnis fotografi surfing dapat berkembang bila pclaku bisnis fotografi surfing mempertimbangkan aspek aspek dalarn strategi diamond yang meliputi I ) Arenas; 2) Vehicles; 3) Di/ferentiators; 4) Staging; dan 5) Economic Logic. Perpaduan antara empat model bisnis dan strategy diamond tersebut sangat berpoteosi untuk diimplementasikan kepada fotografer lain di Indooesia.
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91271#Fotografi | ||||||
Uncontrolled Keywords: | perumusan model, pengembangan, produk fotografi selancar, produk fotografer freelance | ||||||
Subjects: | Fotografi | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Fotografi | ||||||
Depositing User: | Ida ID Sriwahjudewi | ||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2019 03:43 | ||||||
Last Modified: | 11 Sep 2019 04:09 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/4734 |
Actions (login required)
View Item |