Proses Pembelajaran Matakuliah Ensambel pada Program Diploma dan Sarjana di Perguruan Tinggi Seni Indonesia

Indrawan, Andre (2014) Proses Pembelajaran Matakuliah Ensambel pada Program Diploma dan Sarjana di Perguruan Tinggi Seni Indonesia. In: Prosiding Seminar Nasional Festival Kesenian Indonesia ke-8 Tahun 2014, 2014, Yogyakarta.

[img] Text
ANDRE-Artikel Seminar Nasional FKI-2014.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id/

Abstract

Laporan awal penelitian tentang proses belajar-mengajar ensambel gitar yang dipraktikkan di program studi Sarjana Seni Musik di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta ini didasarkan atas penelitian lapangan di tiga perguruan tinggi seni di Indonesia, yaitu ISI Denpasar, IKJ, dan AKMR. Pendekatan studi yang digunakan dalam penelitian lapangan ini ialah metode komparatif yang membandingkan beberapa aspek seperti praktik kelas mata kuliah ensambel gitar beikut materi ajar dan model pembelajarannya. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa perkuliahan ensambel gitar pada ketiga institusi dilakukan dengan strategi pembelajaran yang berbeda didasarkan atas kapasitas kelas yang umumnya diikuti oleh jumlah mahasiswa yang sedikit. Sehubungan dengan itu tidak satupun dari ketiga kelas tersebut yang menerapkan reopertoar konserto melainkan formasi musik kamar seperti duet, trio hingga kwartet ganda. Walaupun tuntutan level repertoar umumnya rendah namun hasil pelatihan selalu ditampilkan secara terbuka di hadapan audiens menjelang ujian semester.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsNIM
Indrawan, Andrenidn0010056110
Uncontrolled Keywords: endambel gitar, konserto, seni musik, komparatif
Subjects: Musik > Komposisi Musik
Musik > Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz)
Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 04 Oct 2019 04:15
Last Modified: 04 Oct 2019 04:15
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5216

Actions (login required)

View Item View Item