Risah Mursih, NIM: 1111354011 (2015) Unsur Sensualitas Dalam Seni Pertunjukan Angguk Sripanglaras Pripih, Hargomulyo, Kokap, Kulonprogo. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
(03) BAB 1 PRINT.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
(04) BAB 2 PRINT.pdf Restricted to Repository staff only Download (954kB) | Request a copy |
||
Text
(05) BAB 3 PRINT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
(06) BAB 4 PRINT.pdf Download (581kB) | Preview |
|
Text
(09) LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tulisan ini mengupas Tari Angguk Sripanglaras dari Kabupaten Kulonprogo. Kesenian ini merupakan transformasi Angguk putra yang awalnya berfungsi sebagai bagian dari ritual agama, kini berfungsi menjadi hiburan. Perubahan fungsi Angguk sebagai hiburan ditandai dengan perubahan pada pelaku pertunjukan dan bentuk pertunjukan. Dengan ditarikan oleh penari perempuan, Angguk Putri Sripanglaras menjadi sebuah pertunjukan yang populer dan diminati oleh penonton yang didominasi oleh kaum laki-laki. Pendekatan penelitian yang dipilih adalah pendekatan gender. Dari perubahan bentuk pertunjukan, daya tarik Angguk Sripanglaras sangat kuat pada unsur sensualitas penari. Unsur sensualitas berkaitan dengan perempuan, pencitraan secara kultural ditunjukkan melalui tubuh perempuan. Angguk Sripanglaras sebagai sebuah pertunjukan mampu menyajikan tontonan yang “memanjakan” mata penonton terutama laki-laki namun juga sekaligus dipercaya oleh sebagian masyarakat berperan sebagai sarana ritual. Pencitraan perempuan di panggung pertunjukan mampu menyajikan pertunjukan yang mampu memikat penonton melalui unsur-unsur tari baik itu gerak, ekspresi, musik, dan kostum. Dari pendekatan di atas diperoleh kesimpulan bahwa Angguk berfokus pada sensualitas yang berkaitan langsung dengan inderawi, wanita erat kaitannya dengan sensualitas, entah melalui lekuk tubuh, ekspresi, gaya busana, aksesori, maupun wewangian yang digunakan. Ketika pertunjukan Angguk berlangsung, penari Angguk menjadi pusat perhatian dalam pertunjukan. Penampilan utuh hasil paduan wajah cantik dengan ekspresi penuh senyum, lirikan mata, dengan balutan busana celana pendek ketat (hot-pants) ditambah gerak-gerak kekirig, goyang ngebor, megol, maka lengkaplah sudah sensualitas dalam sajian Angguk putri Sripanglaras. Melalui penelitian ini diperoleh pula tentang nilai-nilai estetis Angguk yang nantinya bisa dikembangkan baik oleh grup Sripanglaras maupun masyarakat Kulonprogo pada umumnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | Program Studi Tari Jurusan Tari Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta | ||||
Uncontrolled Keywords: | Gender, Sensualitas, Tari, Angguk Sripanglaras,unsur gerak, ekspresi, musik, kostum, ekspresi senyum, lirikan mata,busana celana pendek ketat (hot-pants) | ||||
Subjects: | Tari > Pengkajian Tari | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Pengkajian) | ||||
Depositing User: | Agustiawan Agustiawan | ||||
Date Deposited: | 09 Sep 2015 04:03 | ||||
Last Modified: | 07 Nov 2023 08:38 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/533 |
Actions (login required)
View Item |