RENZINA, Yudha Delonix (2019) Perancangan Komunikasi Visual Brand Activatioan Sparkling Surabaya Melalui Ambient Media. Masters thesis, ISI Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
Abstract
Beberapa kota besar di Indonesia sudah memiliki city branding dikenal oleh masyarakat luas, salah satunya adalah Sparkling Surabaya. Brand destinasi pariwisata yang memiliki makna gemerlap kota Surabaya ini telah berusia 11 tahun. Namun ternyata ada sebagian masyarakat yang tidak mengetahui akan keberadaan brand ini. Hal ini menjelaskan jika tingkat kesadaran masyarakat akan brand tersebut dinilai rendah. Perancangan ini memiliki tujuan untuk melakukan sebuah aktivasi dari Sparkling Surabaya ke masyarakat agar masyarakat bisa lebih mengenal city branding tersebut. Ambient media kemudian muncul sebagai media yang tepat utnuk melakukan aktivasi karena bentuknya yang menarik dan bisa menciptakan pengalaman pesan terhadap audience. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah dengan menggunakan design thinking dari Tim Brown melalui proses emphaty, define, ideate, prototype, dan test. Selain itu untuk membantu landasan perancangan digunakan beberapa teori antara lain, teori komunikasi dari Harold D Lasswell, teori brand management dari Keller, teori aktivasi experiental marketing dari Schmitt, teori ambient media dari Wijaya dan teori semiotika komunikasi visual dari Sumbo Tinarbuko. Kemudian untuk risetnya menggunakan metodologi kualitatif melalui wawancara dan studi literatur dari beberapa buku penunjang. Keseluruhan metode perancangan tersebut nantinya digunakan sebagai proses pemecahan masalah yang dibutuhkan untuk membuat perancangan aktivasi Sparkling Surabaya melalui media yang dapat menarik perhatian target audience. Hal yang menjadi penemuan dalam proses perancangan ini adalah ambient media yang berbentuk photobooth bak sampah maskot Surabaya sebagai medium untuk menyampaikan pesan Surabaya yang green and clean. Selain itu program Mlaku Sparkling Suroboyo atau #Makaryo juga dihasilkan untuk mengajak masyarakat berwisata kota. Kontribusi perancangan ini bagi ilmu desain komunikasi visual adalah suatu pemanfaatan media kreatif seperti ambient media dalam melakukan sebuah aktivasi brand.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91101#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI | ||||||
Uncontrolled Keywords: | City Branding, Sparkling Surabaya, Brand Activation, Ambient Media | ||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual Penciptaan dan pengkajian seni |
||||||
Divisions: | Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni | ||||||
Depositing User: | FL Agung Hartono | ||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2020 07:02 | ||||||
Last Modified: | 04 Mar 2020 07:02 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5771 |
Actions (login required)
View Item |