Penerapan Metode Suzuki dalam Pembelajaran Violin Tingkat Dasar di Rhythm Star Music School Yogyakarta

Agustina, Stephani Gregoria (2019) Penerapan Metode Suzuki dalam Pembelajaran Violin Tingkat Dasar di Rhythm Star Music School Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (609kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pembelajaran violin tingkat dasar di Rhythm Star Music School (RSMS) Yogyakarta menggunakan materi lagu dari buku Suzuki Violin School Volume 1, selain itu juga menggunakan materi tambahan yang digunakan untuk menunjang keterampilan bermain materi lagu dari buku Suzuki Violin School Volume 1. Proses Pembelajaran violin yang dilaksanakan di RSMS Yogyakarta belum sesuai dengan Metode Suzuki karena hanya menggunakan beberapa materi lagu dari buku Suzuki. Sebagaimana mestinya pembelajaran violin mengikuti seluruh panduan dari Metode Suzuki seperti penggunaan Suzuki Violin School Volume 1 beserta Compact Disc (CD) dan memperhatikan filosofi pendidikan musik yang diajarkan oleh Suzuki sehingga dengan demikian dapat meminimalisir kendala dalam pembelajaran. Penelitian ini membahas mengenai proses penerapan Metode Suzuki dan efektivitas penggunaan Metode Suzuki dalam pembelajaran violin. Hal yang paling mendasar dan menjadi fokus paling utama dalam penelitian ini adalah postur tubuh, yang meliputi posisi istirahat, take a bow, posisi memegang violin dan posisi tangan kanan ketika ganti-ganti senar e¹ dan a¹. Apabila postur tubuh dapat dikuasai murid dengan baik, maka murid memiliki pondasi yang kuat dalam memainkan violin. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan secara deskriptif dengan sampel penelitian 2 murid yang belajar violin tingkat dasar, yaitu Christo dan Rania. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Metode Suzuki secara menyeluruh, kemampuan murid menjadi semakin baik karena Metode Suzuki memiliki tahapan-tahapan yang sangat detail dalam proses pembelajaran violin, sehingga murid menjadi dapat lebih memahami dan menguasai materi pembelajaran violin. Hal tersebut membuat pembelajaran violin menjadi efektif dan terstruktur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Agustina, Stephani Gregoria15100220132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDYunita, Ayu Tresnanidn0021067704
UNSPECIFIEDNainggolan, Oriana Tio Parahitanidn0025058303
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKAN MUSIK
Uncontrolled Keywords: Rhythm Star Music School Yogyakarta, Metode Suzuki, Violin Grade 1
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Depositing User: isti IS suratmi
Date Deposited: 17 Apr 2020 06:53
Last Modified: 17 Apr 2020 06:53
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/5949

Actions (login required)

View Item View Item