Jakti, Jalung Wirangga (2019) MAKNA FEMINITAS MELALUI ASPEK SINEMATIK PADA IKLAN TELEVISI UMILD "SEPANJANG JALAN KENANGAN". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (30MB) |
|
Text
BAB II, III, IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (33MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (177kB) |
|
Text
JURNAL Jalung Wirangga Jakti (1410085132).pdf Download (6MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Pesan dalam iklan televisi selain disampaikan melalui pesan dialog juga disampaikan melalui media Aspek Sinematik. Iklan sebagai salah satu bentuk karya film tidak terlepas dari kaidah karya audio visual sebagai penggambaran pesan, sedangkan film sebagai pembangun realita dengan melibatkan unsur setting, jalan cerita, dan berbagai aspek di dalamnya. Pembahasan mengenai Aspek Sinematik sebagai pembentuk makna feminitas iklan rokok UMild episode Sepanjang Jalan Kenangan, menjadi topik pembahasan dalam karya ilmiah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna feminitas dalam iklan melalui Aspek Sinematik, dengan harapan dapat digunakan sebagai sarana edukasi bagi berbagai kalangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik filling system dan menggunakan kajian Aspek Sinematik secara kualitatif. Teknik filling system diperkenalkan oleh Wimmer dan Dominick yang menjelaskan mengenai pembuatan kategori-kategori tertentu untuk mengklasifikasikan data yang diperoleh. Setelah itu, data diinterpretasikan oleh peneliti, kemudian dipadukan dengan konsep atau teori yang menunjang pemahaman atas fenomena yang diteliti. Berdasarkan hasil studi dengan teknik filling system dan kajian Aspek Sinematik secara kualitatif, seluruh kategori feminitas berdasarkan tabel Worrel tampak dalam Aspek Sinematik iklan televisi UMild episode Sepanjang Jalan Kenangan. Berdasarkan fakta yang ditemukan di lapangan selama proses penelitian, dari penggunaan shoot lembut dan pengambilan gambar dari bawah yang merepresentasikan bahwa sosok perempuan membutuhkan perlindungan sosok pria. Adegan-adegan lembut dan adegan berpelukan merupakan cara yang dipilih untuk merepresentasikan pesan feminitas dalam iklan ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90302# | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Iklan Televisi; Iklan Rokok Umild; Aspek Sinematik; Feminitas | |||||||||
Subjects: | Televisi > Televisi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi | |||||||||
Depositing User: | sri SE endarti | |||||||||
Date Deposited: | 15 May 2020 02:43 | |||||||||
Last Modified: | 15 May 2020 02:43 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6028 |
Actions (login required)
View Item |