ANALISIS WACANA KRITIS KAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREK NIKE

Santosa, Bayu (2020) ANALISIS WACANA KRITIS KAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREK NIKE. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (759kB)
[img] Text
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (442kB)
[img] Text
Jurnal Bayu Santosa.pdf

Download (429kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Iklan Nike “Just Do It” tidak berisi pembahasan tentang produk Nike, iklan tersebut berisi gagasan Nike tentang berbagai isu sosial yang ada, dan hal tersebut mampu menempatkan Nike menjadi merek olahraga paling laris di duni. Salah satu iklan yang cukup relavan untuk dibahas saat ini adalah iklan Nike tahun 2018 dengan judul “Dream Crazy”. Iklan ini hadir dengan kembali memanfaatkan isu sosial untuk mengungkapkan gagasan tentang merayakan kebebasan beraktivitas olahraga bagi seluruh lapisan khalayak masyarakat tanpa ada yang dipinggirkan. Penelitian ini bertujuan memberikan kejelasan dari sebuah teks (realita sosial) yang terjadi tentang fenomena brand tribalisme pada merek Nike di Indonesia. Melalui penelitian ini iklan Nike tersebut akan diteliti dengan menggunakan metode analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Analisis pada dimensi praktik sosiokultural menunjukkan bahwa penggunaan isu sosial pada iklan tersebut digunakan untuk kepentingan merek Nike dan hal tersebut diterima dengan baik oleh khalayak Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa di dalam iklan tersebut terkandung wacana Brand tribalisme yang terjadi di Indonesia terhadap merek Nike, hal tersebut terjadi karena selain dibangun dengan kepopuleran produk Nike dan meningkatnya peminat sneaker di Indonesia diperkuat juga dengan isu sosial yang dikomodifikasikan oleh Nike didalam iklannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Santosa, Bayunim1310076124
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDAgung S., Arifnidn0016116701
UNSPECIFIEDAji, Daru Tunggulnidn0003018706
Department: KODEPRODI90241#
Uncontrolled Keywords: brand tribalisme, merek, sosial budaya, simbol, Nike, Indonesia, Analisis Wacana Kritis, Iklan, Sneakers, sepatu
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 02 Jun 2020 04:31
Last Modified: 16 Jun 2020 07:20
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6105

Actions (login required)

View Item View Item