Warna Analogus pada Penataan Artistik Film “Tekadku Ikhlas” sebagai Penguat Karakter Tokoh Utama

Setiawan, Diki (2020) Warna Analogus pada Penataan Artistik Film “Tekadku Ikhlas” sebagai Penguat Karakter Tokoh Utama. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II sd BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Video (KARYA)
KARYA_20191228.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (2GB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_1410721032.pdf

Download (427kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Salah satu pencapaian kekuatan sebuah cerita atau tema dalam karya film dapat dipahami melalui unsur estetik yang mendukung cerita. Penata artistik memiliki peranan penting terhadap estetik sebuah film salah satunya dengan skema warna. Skema warna merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengomunikasikan konteks dalam penguatan karakter tokoh. Pada karya film “Tekadku Ikhlas” ini dirasa sangat cocok menggunakan color pallet analogus atau skema warna analogus kuning ke biru. Warna dapat mempengaruhi kondisi secara emosional, psikologis dan bahkan secara fisik. Warna yang berulang dalam setiap scene pada keadaan tertentu dapat mengubah persepsi baru terhadap karakter warna tersebut. Skema warna analogus pada film “Tekadku Ikhlas” bertujuan untuk menciptakan pengalaman menonton yang harmonis serta memperkuat karakter tokoh cerita tersebut, yang dianalisis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Film “Tekadku Ikhlas” menceritakan tentang seorang lelaki yang mendambakan keluarga yang utuh dan harmonis. Namun karena alasan ekonomi, ia harus mengikhlaskan istrinya untuk menjadi seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Taiwan yang berujung pengkhiantan. Film “Tekadku Ikhlas” berusaha menyampaikan pesan kebudayaan, hubungan keluarga, dan perselingkuhan yang terjadi di salah satu keluarga TKI Desa Parang, Magetan, Jawa Timur. Fungsi dari warna akan terasa pada saat beberapa scene kemudian setelah menit ke-5, karena pada awal scene penonton cenderung masih meneliti karakter atau latar cerita pada film tersebut. Kata Kunci: artistik, penguatan karakter, skema warna analogus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Setiawan, Diki1410721032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHidayat, Nanang Rakhmad0010056608
Department: KODEPRODI91261#
Uncontrolled Keywords: artistik, penguatan karakter, skema warna analogus
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: samiyati SM samiyati
Date Deposited: 10 Jun 2020 07:30
Last Modified: 10 Jun 2020 07:30
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6153

Actions (login required)

View Item View Item