Visualisasi Tagline Produk Makanan dan Minuman Kemasan Dalam Fotografi Komersial

Erianda, Rendy (2019) Visualisasi Tagline Produk Makanan dan Minuman Kemasan Dalam Fotografi Komersial. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi_octa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal_Octa-2019.pdf

Download (885kB)
[img] Text
karya_TA_octa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara multikultural terbesar di dunia, yang memiliki tingkat keberagaman sosial yang tinggi, namun rentang dengan konflik berlatar belakang SARA yang dapat mengakibatkan perpecahan kesatuan NKRI. Konflik atau kasus intoleransi bersifat multidimensi, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dapat menjadi pelaku. Konflik ini biasanya diakibatkan oleh perbedaan pendapat dan pandangan, yang artinya seseorang atau kelompok yang tidak bisa menerima perbedaan orang lain atau kelompok lain. Namun, hal tersebut dapat dicegah dengan pendidikan. Pendidikan adalah media yang tepat sebagai usaha penanaman nilai-nilai atau pandangan, pengetahuan dan kesadaran pluralis akan budaya dalam masyarakat. Pendidikan multikultural adalah ilmu yang cocok digunakan untuk menanamkan hal tersebut, sehingga pendidikan multikultural sangatlah penting dan relevan untuk direalisasikan di Indonesia. Terutama bagi anak-anak, karena mereka merupakan calon generasi penerus bangsa, sudah sewajarnya menyiapkan mereka untuk menghadapi dan menyelesaikan konflik dengan baik di masa yang akan datang. Di sekolah dasar pendidikan multikultural masuk kedalam Mata pelajaran PPKN dan bersifat tekstual kurang menarik minat anak-anak. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan solusi untuk mengemas konten multikulturalisme sebagai media pembelajaran bagi anak yang berfokus pada keberagaman agama, suku dan asal-usul.Hasil perancangan berupa buku pop-up cerita bergambar yang berjudul “Buku Harian Fatima” dengan konten yang ringkas, ilustrasi digital painting dan terdapat beberapa tehnik pop-up didalamnya. Penggunaan tehnik pop-up digunakan agar menarik minat anak-anak untuk membaca. Konten keberagaman yang dimuat dalam buku pop-up cerita bergambar “Buku Harian Fatima” ini selalu relevan dengan kondisi sosial di Indonesia, sehingga selalu mempunyai kesempatan untuk terus berkembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Erianda, Rendy1210609031
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDApriyanto, Muh. Fajarnidn0029047608
UNSPECIFIEDKusrini, Kusrininidn0031077803
Department: KODEPRODI91271#
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Multikultural, Pop-up
Subjects: Fotografi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Fotografi
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:36
Last Modified: 07 Sep 2020 02:36
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/6326

Actions (login required)

View Item View Item