Penerapan Konsep "Dekat Dengan Alam" Dalam Perancangan Interior Sekolah Inklusi Sekolahku-MySchool di Sleman, Yogyakarta.

Sarwiendah, Putri Wening (2020) Penerapan Konsep "Dekat Dengan Alam" Dalam Perancangan Interior Sekolah Inklusi Sekolahku-MySchool di Sleman, Yogyakarta. Skripsi thesis, Insititut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (974kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Sekolahku-Myschool merupakan non-profit school di bawah pengelolaan dan pengawasan YTCG (Yayasan Tunas Cerdas Gemilang). Sekolah ini menerapkan sistem Seruma (Sekolah Rumah Majemuk), sistem sekolah inklusi, dan sistem enquiry based learning. Sekolahku-Myschool menyediakan pendidikan untuk usia Taman Kanak-kanak (TK) sampai Sekolah Dasar (SD). Sekolah ini beralamatkan di Kadipuro, Dusun Ngentak, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Pendiri Sekolahku-Myschool mendirikan sekolah ini di tahun 2004 sebagai solusi dari keprihatinan mereka terhadap kurangnya kualitas pendidikan di Indonesia saat itu. Mereka prihatin dengan gaya tradisional pembelajaran di Indonesia yang mengotak-kotakkan kreativitas anak-anak, menuntut anak-anak untuk menguasai kemampuan-kemampuan yang tidak sesuai dengan usia dan kebutuhan mereka. Namun, terdapat beberapa kendala pada gedung Sekolahku- Myschool, di antaranya pada penataan layout dan sirkulasi ruang, kelembapan udara yang tinggi, serta kurangnya fasilitas bagi kaum difabel. Tujuan dari perancangan ini adalah mendesain interior gedung Sekolahku-Myschool yang menggunakan bangunan bekas SD Inpres agar dapat menyesuaikan dengan program sekolah rumah majemuk, program inklusi dan program enquiry based learning yang diterapkan. Proses perancangan ini menggunakan metode design thinking untuk mendapatkan ide desain yang unik. Dengan menerapkan prinsip sustainable design, konsep Close to Nature, tema Wooden Element, dan gaya Modern, maka didapatkan hasil desain yang respek kepada alam. Pengaplikasian pencahayaan alami, sirkulasi udara yang baik, penerapan furnitur yang fleksibel serta penggunaan material kayu diharapkan mampu menjadi penyelesaian masalah yang terdapat pada Sekolahku-Myschool. Kata Kunci : interior, sekolah inklusi, nature

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Sarwiendah, Putri Wening1512001023
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDAstanto, Setyo Budi0029017304
UNSPECIFIEDPriyanto, Oc Cahyono0017107004
Department: KODEPRODI90221#DESAIN INTERIOR
Uncontrolled Keywords: Interior, sekolah inklusi, nature
Subjects: Disain > Disain Interior
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 23 Oct 2020 08:02
Last Modified: 23 Oct 2020 08:02
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7060

Actions (login required)

View Item View Item