Destyasti Lintang, Avyana (2020) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Langen Carita Lakon Patine Arya Penangsang. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
BAB I.pdf Download (864kB) |
|
Text
BAB II s.d BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (273kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL_1610089017.pdf Download (659kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul nilai-nilai pendidikan karakter dalam Langen Carita lakon Patine Arya Penangsang mendeskripsikan pendidikan karakter di dalamnya. Pendidikan karakter di Indonesia sedang diterapkan kembali untuk membentuk siswa memiliki akal pikiran dan budi pekerti dan dapat diajarkan melalui pendidikan seni, salah satunya langen carita di Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Langen carita merupakan pendidikan seni yang ditujukan untuk membentuk karakter anak sebagai lanjutan pendidikan seni dolanan anak. Langen carita adalah bentuk dari metode sariswara yang di dalamnya terdapat sastra, tembang/lagu/musik/karawitan, cerita dan solah bawa dalam bentuk opera kecil atau sandiwara anak, ditujukan untuk anak umur 10-14 tahun. Langen carita juga berkembang sebagai seni pertunjukan dengan banyak cerita sejarah, babad atau kehidupan sehari-hari, salah satunya patine Arya Penangsang. Cerita ini terdapat pendidikan karakter yang dapat diajarkan pada anak pada proses latihan dan pementasan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam Langen Carita lakon Patine Arya Penangsang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengkaji, menganalisis, mengungkapkan, menggambarkan nilai-nilai pendidikan karakter di dalamnya. Penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data studi pustaka, wawancara, observasi dan dokumentasi, yang kemudian divalidasi menggunakan triangulasi, kemudian dianalisis sesuai kebutuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Langen Carita lakon Patine Arya Penangsang memiliki nilai-nilai pendidikan karakter religius, toleransi (saling menghargai dan tepa salira), disiplin, kreatif, cinta tanah air, tanggungjawab, kepemimpinan, percaya diri, pantang menyerah, kerja sama, patuh, tekun, sabar, sopan santun dan ikhlas. Hal ini ditujukan untuk membentuk karakter anak selama proses latihan dan pementasan sehingga penonton juga dapat mengambil nilai-nilai dari pertunjukan Langen Carita lakon Patine Arya Penangsang. Kata kunci : nilai-nilai pendidikan karakter, langen carita patine Arya, Penangsang, deskriptif kualitatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Department: | KODEPRODI91251#SENI TEATER | ||||||
Uncontrolled Keywords: | nilai-nilai pendidikan karakter, langen carita patine Arya, Penangsang, deskriptif kualitatif | ||||||
Subjects: | Teater > Pengkajian seni teater (dramaturgi) | ||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Teater | ||||||
Depositing User: | samiyati SM samiyati | ||||||
Date Deposited: | 10 Dec 2020 03:47 | ||||||
Last Modified: | 10 Dec 2020 03:47 | ||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7169 |
Actions (login required)
View Item |