Riansyah, Riansyah (2021) Upacara Adat Muar Sampu'an Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Karya Musik Etnis Yang Berjudul "Talu Barakat". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
RIANSYAH_2021_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
RIANSYAH_2021_BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
RIANSYAH_2021_BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
RIANSYAH_2021_LAMPIRAN 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RIANSYAH_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
Text
RYANSYAH_2021_PERSETUJUAN NASKAH PUBLKASI.pdf Download (262kB) |
|
Image
maxresdefault.jpg Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Video (Karya Tugas Akhir)
watch_v=MkXSAqhLI4Y&feature=youtu.be Download (423kB) |
|
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Komposisi musik etnis yang berjudul “Talu Barakat” merupakan sebuah transformasi bentuk dari fenomena sosial masyarakat Dayak Kanayant, yakni pandangan hidupnya tentang ‘konsep tiga alam’ . Selanjutnya ‘konsep tiga alam ’tersebut penyaji jadikan sebagai sumber inspirasi atau ide. Dalam mengimplementasikan ide, penyaji menggunakan metode penciptaan karya-karya baru karawitan Bali yang dipaparkan oleh I Ketut Ardana yang terdiri dari tahap ide, tahap konsep, tahap implementasi, dan tahap pertimbangan cita-rasa (estetis). Setelah menemukan ide, selanjutnya penyaji berusaha menuangkannya ke dalam konsep musikal. Pada tahapan ini penyaji melakukan kontemplasi dan berimajinasi untuk membayangkan ‘suasana’ dari alam atas, alam tengah, dan alam bawah yang terdapat dalam konsep tiga alam tersebut. Setelah penyaji melihat perbedaan ‘suasana’ dari ketiga alam tersebut, langkah berikutnya adalah menentukan bentuk musikal. Dalam komposisi musik ini penyaji memakai bentuk campuran instrumental dan vokal. Hal ini menyesuaikan dengan ‘suasana’ yang berbeda dari konsep tiga alam. Pada bagian I penyaji mendeskripsikan tentang ‘suasana’ yang ada di alam atas, bagian II mendeskripsikan ‘suasana’ di alam tengah, dan pada bagian III mendeskripsikan ‘suasana’ di alam bawah. Dalam mewujudkan ide, penyaji menggunakan idiom-idiom dari etnis Dayak Kanayant, misalnya karakter vokal-vokal yang memiliki cengkok khas Dayak Kanayant yang biasa terlihat pada cengkok di akhir dari lantunan vokal, ada juga pola permainan kenong (dau) yang memiliki pola permainan seperti kempyung dalam karawitan Jawa. Dengan demikian komposisi musik etnis ini menyajikan idiom-idiom etnis suku Dayak Kanayant dengan medium yang dipakai berasal dari ensambel Jawa, Kalimantan, dan musik Barat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | kODEPRODI91201#ETNOMUSIKOLOGI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Muar Sampu’an, Konsep Tiga Alam , Kanayant, Talu Barakat | |||||||||
Subjects: | Etnomusikologi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Etnomusikologi | |||||||||
Depositing User: | Riansyah Riansyah | |||||||||
Date Deposited: | 15 Feb 2021 05:38 | |||||||||
Last Modified: | 17 Feb 2021 06:05 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7452 |
Actions (login required)
View Item |