Peranan Kursus Seni Peran STB terhadap Kurikulum Pendidikan Teater di Bandung

Sri Subekti Handayani, 9010152014 (1993) Peranan Kursus Seni Peran STB terhadap Kurikulum Pendidikan Teater di Bandung. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (9MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Tugas akhir ini mendeskripsikan tentang kurikulum Kursus Seni Peran STB yang merupakan lembaga pendidikan non formal kesenian yang berada dalam sub sistem pendidikan luar sekolah. Kursus Seni Peran STB tersebut mempunyai dasar seni peran dan teater. Kurikulum tersebut merupakan panduan bagi pendidik seni peran dan teater yang dapat diterapkan pada kegiatan latihan teater bagi para pemula. Kurikulum Kursus Seni peran tersebut merupakan kurikulun dasar yang ternyata berpengaruh pula terhadap kurikulum pada jurusan Teater ASTI Bandung. Hal ini disebabkan karena jurusan Teater ASTI Bandung lahir dari cikal bakal Kursus Seni Peran STB angkatan II 1977. Para pendiri jurusan Teater ASTI adalah para pengajar pada Kursus Seni Peran STB (Acting Course) sehingga tidak heran jika kurikulum yang diberlakukan pada jurusan Teater ASTI Bandung adalah kurikulum Kursus Seni Peran STB yang nengalami penyempurnaan dan penyesuaian. Mengingat kedudukan jurusan teater ASTI Bandung berbeda dengan kedudukan Kursus Seni Peran STB. Jurusan Teater ASTI Bandung berkedudukan sebagai pendidikan formal yang berada dalam sub sistem pendidikan sekolah dan berada dalam strata Akademi dengan program pendidikan Diploma-3. Sehingga pada pelaksanaannya kurikulum Kursus Seni Peran STB ditempatkan pada materi MKK (Mata Kuliah Keahlian). Jurusan Teater ASTI Bandung karena menempati strata yang lebih tinggi dituntut untuk menyelenggarakan materi-materi lain yang setaraf dengan pendidikan berstrata Perguruan Tinggi. Setelah materi dari kurikulum Kursus Seni Peran STB (Acting Course) disempurnakan dan dilengkapi dengan materi MKDU dan MKDK maka materi yang berasal dari kursus seni peran STB dimasukkan menjadi MKK. Kurikulum pada Kursus Seni Peran STB ternyata berpengaruh pula pada kurikulum Diklat Teater Hahasiswa IKIP Bandung. Kegiatan Diklat Teater Mahasiswa IKIP Bandung merupakan kegiatan luar sekolah yang berada dalam kegiatan ko-kurikuler yang mempunyai tujuan untuk mewadahi kegiatan nahasiswa agar mahasiswa tersebut dapat neningkatkan pengalaman belajar. Kegiatan tersebut juga ditujukan untuk nengembangkan intelektual dan keterampilan mahasiswa IKIP Bandung dalan bidang Teater. Karena status kegiatan Diklat Teater Mahasiswa IKIP Bandung merupakan kegiatan non formal dan di luar jam belajar para mahasiswa. Dan kegiatan tersebut merupakan kegiatan ko-kurikuler dan bersifat latihan teater, maka jelas kurikulum yang diberlakukan pada Diklat Teater Mahasiswa IKIP Bandung tersebut serupa dan menang banyak memiliki persamaan dalam pelaksanaannya, juga pada strategi dan metode belajarnya dengan kurikulum yang ada pada Kursus Seni Peran STB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Sri Subekti Handayani, 9010152014UNSPECIFIED
Department: Jurusan Dramaturgi, Fakultas Kesenian ISI Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: dramaturgi, teater, kurikulum, pendidikan, pengajaran, kursus, STB Bandung, seni peran,
Subjects: Teater > Pengkajian seni teater (dramaturgi)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Teater
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 06 Nov 2015 03:42
Last Modified: 06 Nov 2015 03:42
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/746

Actions (login required)

View Item View Item