Al Idrus, Yusup Hendrianto (2021) Analisis Harmoni Lagu Caribbean Dalam Album Spears (1985) Karya Tribal Tech. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Yusup Hendrianto Al Idrus_2021_FULL TEXT.pdf.PDF Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
Yusup Hendrianto Al Idrus_2021_BAB I.pdf.pdf Download (9MB) |
|
Text
Yusup Hendrianto Al Idrus_2021_BAB PENUTUP.pdf.pdf Download (9MB) |
|
Text
Yusup Hendrianto Al Idrus_2021_NASKAH PUBLIKASI.pdf.PDF Download (648kB) |
|
Image
Yusup Hendrianto Al Idrus_2021_LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
Yusup Hendrianto Al Idrus_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf.pdf Download (22kB) |
Abstract
Jazz fusion merupakan pengembangan musik dari traditional jazz yang terdiri dari penggunaan instrumen terelektronisasi (seperti synthesizer dan electric piano), ritmis, attitude baru dalam melakukan solo, dan penekanan yang kuat terhadap komposisi, aransemen dan collective improvisation. Meninjau dari penekanan terhadap komposisi dan aransemen, karya-karya jazz fusion sering kali menggunakan akor-akor seperti extended chord, slash chord alterasi (altered chord) yang tidak biasa dan lebih kompleks, yang akan menimbulkan kesulitan bagi musisi yang terbiasa memainkan musik traditional jazz. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas tentang analisis penggunaan dan pembagian akor yang terjadi pada masing-masing instrumen, baik instrumen harmoni maupun instrumen melodi. Karya yang akan dibahas pada penelitian ini adalah lagu Caribbean karya Tribal Tech dari album Spears (1985). Lagu ini banyak menggunakan akor-akor yang banyak mengalami alterasi ataupun perluasan (menjadi extended chord). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi analisis. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa dokumen audio lagu Caribbean dan dokumen tulisan, seperti buku teori akor dan harmoni. Teori yang digunakan dalam menganalisis lagu Caribbean ini adalah teori chord-scale, yaitu teori kesesuaian antara akor dan tangga nada. Dalam lagu ini, cukup ditemukan penggunaan slash chord, extended chord dan altered chord. Slash chord yang digunakan sering kali mengindikasikan penggunaan extended chord atau altered chord yang dibagi menjadi nada bass (lower structure), chord voicing dari instrumen harmoni seperti keyboard (upper structure) dan melodi yang cenderung chordal (mengikuti nada akor). Dengan penggunaan akor-akor tersebut, pembentukan progresi akor akan menjadi sangat variatif dan pembentukan melodi yang memberikan efek kejutan walaupun melodi masih cenderung bersifat chordal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91221#MUSIK | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Harmoni, Caribbean, Tribal Tech. | |||||||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | |||||||||
Depositing User: | Yusup Hendrianto Al Idrus | |||||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2021 02:58 | |||||||||
Last Modified: | 17 Feb 2021 02:58 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7587 |
Actions (login required)
View Item |