Wisnu Aji Seputra, Shandro (2020) Rebab Konvensional Sebagai Sumber Inspirasi Pengembangan Karya Komposisi Ngek Ngok. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
This is the latest version of this item.
Text
Shandro Wisnu Aji_2021_ FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
||
Text
Shandro Wisnu Aji_2021_ BAB I.pdf Download (821kB) |
||
Text
Shandro Wisnu Aji_2021_ BAB PENUTUP.pdf Download (319kB) |
||
Text
Shandro Wisnu Aji_2021_ NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
||
Text
Shandro Wisnu Aji_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
|
Video
maxresdefault.jpg Download (276kB) | Preview |
Abstract
Karya komposisi karawitan berjudul Ngek Ngok ini dilatarbelakangi oleh fenomena musikal ricikan rebab dalam karawitan Jawa. Permainan rebab pada umumnya digarap secara melankolis. Padahal secara kompositoris rebab dapat dikembangkan lebih dinamis baik secara musikal (teknik, pola, garap) maupun organologi (ukuran). Rebab memiliki keunikan di antara ricikan yang ada pada gamelan Jawa, yaitu nada yang luwes, dimainkan dengan digesek, tidak memiliki konsep panerus, barung, dan panembung. Penulis ingin mewujudkan ide dan gagasan yang mengacu pada tahapan pengembangan teknik, pola dan organologi rebab ke dalam karya komposisi karawitan. Langkah-langkah yang digunakan untuk mewujudkan karya ini meliputi observasi, realisasi karya, dan presentasi. Dalam proses penciptaan karya komposisi ini melalui tahapan meliputi eksplorasi, improvisasi dan pembentukan. Karya komposisi Ngek Ngok terdiri dari tiga bagian, yaitu awal, tengah, dan bagian akhir. Pada bagian awal, penggarapan fokus kepada garap tradisi baik dari segi teknik, pola maupun organologi. Pada bagian tengah, karya ini fokus pada pengembangan teknik, pola, dan organologi rebab. Bagian akhir merupakan penggabungan antara teknik, pola, dan organologi rebab yang terinspirasi dari instrumen gesek pada musik barat. Media yang digunakan adalah enam buah rebab barung, dua buah rebab panerus, dan dua buah rebab panembung. Tujuan penciptaan karya ini adalah sebagai pembuktian dibalik permainan rebab yang melankolis ternyata bisa menghasilkan karya yang unik, menarik, dan dinamis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91211# SENI KARAWITAN | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | ngek ngok, komposisi, rebab | |||||||||
Subjects: | Karawitan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan | |||||||||
Depositing User: | Shandro Wisnu Aji Seputra | |||||||||
Date Deposited: | 18 Feb 2021 01:51 | |||||||||
Last Modified: | 18 Feb 2021 01:53 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/7702 |
Available Versions of this Item
-
Rebab Konvensional Sebagai Sumber Inspirasi Pengembangan Karya Komposisi
Ngek Ngok. (deposited UNSPECIFIED)
- Rebab Konvensional Sebagai Sumber Inspirasi Pengembangan Karya Komposisi Ngek Ngok. (deposited 18 Feb 2021 01:51) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |